Menag Fachrul Razi Positif COVID-19, Berikut Profilnya

Rosmha Widiyani - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 12:32 WIB
Menag Fachrul Razi dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (18/6/2020).
Foto: Menag Fachrul Razi (Screenshot YouTube DPR)/Menag Fachrul Razi Positif COVID-19, Berikut Profilnya
Jakarta -

Menteri Agama atau Menag Fachrul Razi dinyatakan positif COVID-19 dalam siaran pers yang diterima detikcom pada Senin (21/9/2020). Menag dikabarkan dalam kondisi baik dan menjalani isolasi di rumah sakit.

"Beliau menjalani proses isolasi dan perawatan di rumah sakit. Untuk lokasi rumah sakit belum bisa kami informasikan," kata Staf Khusus Menteri Agama Kevin Haikal.

Menag Fachrul Razi menjadi menteri ketiga di Kabinet Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang terdeteksi positif COVID-19. Sebelumnya adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

Berikut profil Menag Fachrul Razi:

Tempat tanggal lahir: Banda Aceh 26 Juli 1947

Pendidikan: Pascasarjana (S2)

Pengalaman kerja:

1996-1997 Gubernur Akademi Militer

1997-1998 Asisten Operasi Kasum ABRI

1998-1999 Kepala Staf Umum ABRI

1998-1999 Wakil Panglima TNI

1999 Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan

Dikutip dari situs Kemenag, Menag Fachrul Razi memiliki moto hidup berbuat yang terbaik.

Setelah Menag Fachrul Razi dinyatakan positif corona, sejumlah doa mengalir untuk kesembuhan sosok yang kerap jadi perbincangan ini. Salah satunya dari Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas, yang doanya juga ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia.

"Kami memohon kepadaMu ya Allah Ya Rahman ya Rahim angkatlah wabah ini secepatnya dari negeri kami ini dan sehatkanlah semua orang yang saat ini sedang sakit dan terkena oleh wabah ini agar mereka semua dapat kembali bersatu dengan keluarga dan dapat beraktifitas seperti semula. Aamiin," tulis Anwar.

Sebelumnya Menag Fachrul Razi dinyatakan positif COVID-19, dia sempat aktif dalam berbagai agenda di lingkungan pemerintahan. Menag melantik 22 orang Jabatan Tinggi Pratama (Eselon II) pada Selasa (15/09/2020) siang. Pelantikan dihadiri Staf Khusus Menteri Agama, Staf Ahli Menteri Agama, dan Pejabat Eselon I.

Dalam agenda tersebut, Menag Fachrul Razi berpesan supaya tiap pejabat selalu melaksanakan tugas sebaik-baiknya. Usaha terbaik akan membungkam suara sumbang yang kerap mengiringi pelantikan seorang pejabat.

Menag Fachrul Razi juga menghadiri rapat bersama Komisi VIII DPR RI yang membahas dana BOS Madrasah dan Pesantren tahun 2020. Biaya Operasional Sekolah atau BOS untuk madrasah dan pesantren naik Rp 100 ribu sesuai rencana awal. Kenaikan ini mendapat tanggapan positif dari anggota legislatif.

Menag Fachrul Razi Positif COVID-19:

[Gambas:Video 20detik]



(row/erd)