Menag Positif Corona, Komisi VIII DPR Pertimbangkan Gelar Tes Swab

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 11:07 WIB
Ace Hasan Syadzily (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Ace Hasan Syadzily (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Jakarta -

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi positif COVID-19. Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan meminta Fachrul Razi berfokus pada kesehatannya.

"Kami tentu meminta kepada Menteri Agama RI untuk fokus pada kesehatannya dan melakukan isolasi mandiri agar COVID-19 yang dialaminya segera pulih," kata Ace kepada wartawan pada Senin (21/9/2020).

Politikus Golkar ini juga mendoakan agar kondisi Fachrul Razi segera sembuh. Ia pun menekankan pentingnya tugas dan fungsi dari Menteri Agama.

"Tentu kami mendoakan agar Pak Menteri Agama RI, Pak Fachrul Razi, segera negatif COVID-19 karena keberadaan Menteri Agama sangat penting sekali dalam menjalankan tugas-tugas fungsi keagamaan dan pendidikan keagamaan," kata Ace.

Lebih lanjut, Ace mengungkapkan, Komisi VIII DPR RI sempat melakukan rapat kerja bersama Fachrul Razi. Rapat itu dilakukan pada 14 September 2020.

"Kami memang seminggu yang lalu tepatnya tanggal 14 September 2020 yang lalu Rapat Kerja dengan Menteri Agama terkait RKA K/L tahun 2021. Rencana Selasa atau Rabu kami akan kembali Rapat dengan Menteri Agama terkait anggaran tahun 2021," ucap Ace.

Ace pun mengimbau agar tugas Fachrul Razi yang berkaitan dengan Komisi VIII dapat tetap dilakukan. Ia meminta Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi dapat mewakili tugas Fachrul Razi.

"Soal tugas-tugas dengan Komisi VIII, dapat diwakili oleh Wakil Menteri Agama, Pak Zainut Tauhid Sa'adi," ujar Ace.

Menurut Ace, Komisi VIII DPR RI akan memastikan kapan Fachrul Razi terkena COVID-19. Ia mengatakan akan melakukan tes swab bagi pimpinan dan anggota serta staf Komisi VIII yang merupakan bagian dari tracing COVID-19,

"Kami mau memastikan juga apakah Pak Menag terkonfirmasi positif COVID-19 itu sebelum tanggal 14 September, saat rapat dengan Komisi VIII," kata Ace.

"Komisi VIII akan mempertimbangkan untuk melakukan tes swab bagi pimpinan dan anggota serta staf Komisi VIII yang merupakan bagian dari tracing COVID-19," sambungnya.

Diketahui, Menteri Agama Fachrul Razi terkonfirmasi positif COVID-19. Kondisi fisik Menag Fachrul Razi dilaporkan baik. Fachrul Razi kini tengah isolasi mandiri. Fachrul Razi yang terkonfirmasi positif Corona mematuhi protokol kesehatan dengan isolasi mandiri.

"Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif. Namun alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan," terang Staf Khusus Menteri Agama, Kevin Haikal, dalam keterangannya, Senin (21/9).

Menag Fachrul Razi Positif COVID-19:

[Gambas:Video 20detik]



(hel/gbr)