Warga Jaksel-Jaktim Dengar Dentuman, Ini Dugaan Awal BMKG

Isal Mawardi - detikNews
Minggu, 20 Sep 2020 22:48 WIB
Ilustrasi BMKG (Eva Safitri/detikcom)
Foto: Ilustrasi BMKG (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah warga di sebagian wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur (Jaksel-Jaktim), mendengar dentuman. BMKG mencatat hasil monitoring awal terkait suara dentuman ini.

"Beberapa warga dan netizen dari Jakarta Selatan dan Jakarta Timur melaporkan adanya beberapa suara dentuman yang terdengar antara pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB pada hari ini Minggu 20 September 2020," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, Minggu (20/9/2020).

Terkait dentuman tersebut, BMKG menyatakan sejumlah hal. Pertama, dentuman bisa terjadi karena gempa dangkal. Namun BMKG tak mencatat adanya aktivitas seismik di Jakarta terkait dentuman tadi.

"Namun demikian, hasil monitoring petir oleh BMKG menggunakan peralatan lightning detector menunjukkan adanya beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak Bogor antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB," kata Daryono.

BMKG tidak ingin berspekulasi terkait sumber suara dentuman yang terdengar di Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur. BMKG kembali menyinggung aktivitas petir saat rentang waktu terdengarnya suara dentuman.

"Acuan kami adalah data hasil monitoring peralatan kami yang menunjukkan bahwa memang ada beberapa aktivitas petir yang terjadi saat rentang waktu terdengarnya suara dentuman yang dilaporkan oleh warga," kata Daryono.

"Sehingga suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir," imbuh Daryono.

(gbr/gbr)