Wisata Diperketat karena Pandemi, Volume Kendaraan ke Puncak Bogor Turun

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Sabtu, 19 Sep 2020 18:16 WIB
Video: Jumat Siang, Lalu Lintas di Simpang Gadog Padat
Ilustasi simpang Gadog (Foto: 20detik)
Jakarta -

Aparat gabungan melakukan pembatasan kunjungan menuju kawasan Puncak yang berpusat di Gadog, Kabupaten Bogor. Polisi menyatakan volume kendaraan menuju Puncak mengalami penurunan 70-80 persen.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fitra Zuanda mengatakan operasi gabungan ini terdiri atas unsur TNI-Polri, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bogor. Kegiatan itu dilakukan untuk membatasi kunjungan ke kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

"Operasi gabungan itu atas nama Gugus Tugas, jadi gabungan Polri dan pemerintah daerah, dalam hal ini menertibkan penyebaran COVID-19 di mana melakukan pengaturan, membatasi titik, membatasi kunjungan atau pengunjung di titik kawasan jalur Puncak 50 persen," kata Fitra ketika dihubungi, Sabtu (19/9/2020).

Fitra menyebut volume kendaraan menuju Puncak mengalami penurunan 70-80 persen. Dia menilai kesadaran masyarakat terhadap bahaya COVID-19 mulai meningkat.

"Memang situasi arus lalu lintas juga volume kendaraan menurun 70-80 persen. Artinya, kesadaran para wisatawan yang menuju Puncak jauh lebih meningkat," ujar Fitra.

Aparat turut melakukan razia masker kepada pengunjung. Restoran dan kawasan wisata lainnya, kata Fitra, juga turut diawasi terkait protokol kesehatannya. Fitra menyebut pembatasan kapasitas tempat wisata sebesar 50 persen di Puncak sudah berjalan.

"Untuk wisata seperti restoran dan wisata lainnya dibatasi 50 persen. Namun hasil pantauan dari Gugus Tugas tadi disampaikan ya di bawah 50 persen," ungkap Fitra.

"Makanya tadi tidak ada yang melakukan pemutarbalikan kendaraan karena volume kendaraan dari Jakarta menuju Cianjur juga jauh menurun," imbuhnya.

Tambah Kasus Corona di RI Pecah Rekor, Per Hari Ini Ada 4.168 Kasus:

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/jbr)