Gubernur Sulut: GP Ansor Harus Tetap Jadi Ujung Tombak Kerukunan Nasional

Angel Rawis - detikNews
Sabtu, 19 Sep 2020 00:00 WIB
Konferensi Besar XXIII GP Ansor di Minahasa, Sulawesi Utara
Foto: Konferensi Besar XXIII GP Ansor di Minahasa, Sulawesi Utara (Angel/detikcom)
Minahasa -

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey meminta Gerakan Pemuda (GP) Ansor menjadi ujung tombak perawat kerukunan nasional. Olly mengatakan dirinya adalah saksi bagaimana GP Ansor hidup berdampingan dengan umat agama lainnya, semisal umat Nasrani.

"GP Ansor harus tetap menjadi ujung tombak dalam merawat kerukunan nasional yang berpijak pada nilai-nilai kebangsaan yang sudah terumuskan Pancasila. Saya menjadi saksi bagaimana pilar kerukunan di Sulut terjaga karena kekuatan nilai-nilai kerukunan yang dibangun dan dirawat kader Ansor dan pemuda gereja," ucap Olly dalam acara pembukaan Konferensi Besar XXIII GP Ansor di Minahasa, Sulawesi Utara, Jumat (18/9/2020).

Olly juga memberikan apresiasi atas karya GP Ansor yang selama ini terus dan mampu menjaga eksistensi organisasi serta mendukung pembangunan bangsa, termasuk pembangunan daerah di Sulawesi Utara.

"Berkat kontribusi pelaku pembangunan di daerah, termasuk saudara-saudara pengurus dan anggota GP Ansor, berbagai capaian positif berhasil tertorehkan. Antara lain pertumbuhan ekonomi Sulut yang sejak tahun 2016 sampai 2019 selalu berada pada angka rata-rata 6%, angka kemiskinan yang mampu ditekan hingga berada pada angka 7,51% di tahun 2019 dari sebelumnya 8,98% pada tahun 2016, IPM Sulawesi Utara yang terus mengalami peningkatan, dan aneka capaian lainnya," ujar Olly.

Acara konferensi besar ini dihadiri dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual. Ketua Umum GP Ansor, Yaqut Cholil Khoumas dalam sambutannya, melaporkan kegiatan-kegiatan sosial yang telah dilakukan GP Ansor selama pandemi Corona (COVID-19) kepada Presiden Jokowi. Gus Yaqut menyampaikan pihaknya bersama dengan Gugus Tugas Pemerintah mendistribusikan 21 ribu paket bantuan sosial.

Selanjutnya
Halaman
1 2