Polisi Aceh Gandeng Pedagang untuk Tingkatkan Kesadaran Pakai Masker

Agus Setyadi - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 22:10 WIB
Polda Aceh gandeng pedagang untuk kampanye pemakaian masker demi mencegah Corona (dok Ditlantas Polda Aceh)
Foto: Polda Aceh gandeng pedagang untuk kampanye pemakaian masker demi mencegah Corona (dok Ditlantas Polda Aceh)
Banda Aceh -

Dirlantas Polda Aceh Kombes Dicky Sondani membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penegakan Disiplin menggunakan masker yang beranggotakan pedagang pasar. Satgas ini dibentuk karena kesadaran warga memakai masker di pasar masih rendah.

"Tadi saya melantik 10 orang penegak disiplin menggunakan masker di Pasar Peunayong Banda Aceh. Satgas ini merupakan gabungan pedagang Pasar Peunayong yang secara kesadaran mendukung program pemerintah untuk menegakkan protokol kesehatan," kata Dicky kepada wartawan, Jumat (18/9/2020).

Dicky mengaku membentuk Satgas tersebut karena melihat banyak pedagang serta pembeli di pasar Banda Aceh ramai yang tidak mengenakan masker. Padahal, pasar salah satu tempat yang sangat rawan penyebaran virus Corona.

Menurutnya, penegakan disiplin oleh tim gabungan Satpol PP, polisi dan TNI selama ini belum maksimal karena minimnya dukungan masyarakat. Dia berharap, setelah ada Satgas tersebut tingkat kesadaran warga memakai masker meningkat.

Polda Aceh gandeng pedagang untuk kampanye pemakaian masker demi mencegah Corona (dok Ditlantas Polda Aceh)(dok Ditlantas Polda Aceh)

"Anggota Satgas ini mereka secara ikhlas mendukung program pemerintah, dan tidak menuntut gaji atau honor sebagai anggota satgas," jelas mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan ini.

Tugas Satgas yang dibentuk Dicky yaitu mengecek dan mengingatkan para pedagang dan masyarakat yang berbelanja agar menggunakan masker. Anggota Satgas ini mengenakan rompi khusus sebagai identitas.

Polda Aceh gandeng pedagang untuk kampanye pemakaian masker demi mencegah Corona (dok Ditlantas Polda Aceh)(dok Ditlantas Polda Aceh)

"Dengan dibentuknya Satgas Penegakan Disiplin memakai masker Pasar Peunayong, maka tingkat disiplin masyarakat yang berbelanja dan para pedagang untuk menggunakan masker semakin tinggi. Sehingga penyebaran virus COVID-19 dapat ditekan semaksimal mungkin," ujar Dicky.

Dicky berharap setiap kabupaten/kota juga membentuk Satgas dari komponen masyarakat. "Sehingga mereka dapat bersinergi dengan TNI, Polri, Satpol PP dan aparat pemerintah lainnya dalam menegakan protokol kesehatan di Aceh," jelas Dicky.

(agse/jbr)