SIDAK 18 September: 5 Berita Teraktual Hari Ini

Dwi Andayani - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 22:09 WIB
who
Foto: Getty Images/AFP
Jakarta -

Muncul petisi daring (online) yang mengusung isu soal mata pelajaran sejarah untuk SMA dan sederajat menjadi perbincangan hari ini. Selain itu, kabar mengenai seorang wanita yang memiliki ratusan susuk belakangan viral di internet juga ramai dibicarakan.

Rangkuman berita-berita popular itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul SIDAK!: 18/9/2020 RATUSAN SUSUK TERTANAM DI TUBUH WANITA INI HINGGA KABAR PUBG X BLACPINK yang diunggah oleh akun Youtube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya, dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut 5 berita populer hari ini:

1. WHO: Kehidupan Normal Seperti Sebelum COVID terjadi 2022

Kepala tugas sains WHO, Dr. Soumya Swaminathan memperkirakan dunia baru mulai berpikir untuk hidup normal di tahun 2022. Menurutnya saat itu banyak orang sudah mulai mendapatkan vaksin sehingga kekebalan tubuh pun mengalami peningkatan.

"Saya pikir bisa jadi pada 2022 kita akan mulai berpikir untuk kembali ke kehidupan normal seperti saat sebelum pandemi," ujar Swaminathan di tengah konferensi pers virtual dari Jenewa, Swiss, dilansir CNN, Jumat (18/9/2020).

"Jadi untuk waktu yang lama, kami harus mempertahankan tindakan yang sama saat ini diterapkan dengan jaga jarak, mengenakan masker, dan menjaga kebersihan," sambungnya.

2. Timnas U-19 Kalahkan Qatar 2-1

Pasukan Timnas Indonesia U-19 asuhan Shin Tae-yong berhasil mengalahkan Qatar. Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kroasia Garuda Muda unggul 2-1 dari Qatar.

Di awal babak pertama, Indonesia mendapatkan banyak tekanan, memanfaatkan dua pemain sayapnya. Gempuran Qatar berbuah hasil di menit ke-12. Tembakan keras Al-Mehairi merobek gawang Indonesia yang dikawal Muhammad Adi Satryo.

Tertinggal 1 gol, Indonesia mengambil inisiatif serangan. Hal itu berbuah manis. Hadangan Naif Alhadhrami terhadap Mochammad Supriyadi di kotak penalti, menghasilkan penalti untuk Indonesia. Brylian Aldama yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan peluang hingga skor menjadi imbang 1-1 di menit 17.

Indonesia akhirnya berbalik unggul 2-1 di menit ke-84 lewat gol Supriadi, memanfaatkan umpan silang mendatar dari Beckham Putra. Indonesia akan kembali bersua Qatar di laga uji coba pada Minggu (20/9/2020).

3. Viral Wanita yang Punya Ratusan Susuk Terlihat Jelas Lewat Xray

Kabar mengenai seorang wanita yang memiliki ratusan susuk belakangan viral di internet. Hal itu terlihat dari sebuah gambar Xray yang dibagikan oleh salah seorang pengguna Instagram bernama Tasqia Syabira.

Dalam gambar Xray tersebut nampak jelas bahwa sang wanita yang kabarnya berusia 55 tahun itu memiliki ratusan susuk di tubuhnya. Susuk tersebut terlihat seperti garis-garis kecil berwarna putih yang cukup banyak dan menyebar di tubuhnya.

"Pasien wanita usia 55 tahun mau di X-ray. Nah kalo ini susuknya ada berapa? Itung sendiri deh ya:)" tulis Tasqia dalam unggahannya.

Tasqia juga memberi beberapa penjelasan mengenai susuk. Menurutnya, susuk dalam dunia medis seringkali disebut sebagai Charm Needles. Umumnya, susuk akan terlihat jelas ketika seseorang melakukan Xray. Hal itu dikarenakan susuk terbuat dari emas dan tembaga.

4. Muncul Petisi 'Kembalikan Sejarah Jadi Mapel Wajib', Ini Penjelasan Kemdikbud

Muncul petisi daring (online) yang mengusung isu soal mata pelajaran sejarah untuk SMA dan sederajat. Apakah mata pelajaran sejarah hendak dihapuskan dari kurikulum?

Petisi di change.org atas nama Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) berjudul 'Kembalikan posisi mata pelajaran sejarah sebagai mapel wajib bagi seluruh anak bangsa' telah mendapat 10.473 tanda tangan hingga Jumat (18/9/2020) malam ini.

Petisi ini ditujukan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka tidak rela bila pelajaran sejarah dihapus dari kurikulum.

"Tempatkan mata pelajaran sejarah di struktur kurikulum dalam kelompok mata pelajaran dasar/umum yang wajib diajarkan kepada seluruh anak bangsa di semua tingkatan kelas (X, XI, XII) dan jenjang (SMA/SMK/MA/MAK)!" demikian bunyi petisi itu.

Petisi ini muncul seiring beredarnya dokumen digital dengan sampul Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Judulnya, 'Sosialisasi Penyederhanaan Kurikulum dan Asesmen Nasional', tertanggal 25 Agustus 2020.

Dalam dokumen ini, tercantum pelajaran sejarah dalam kurikulum 2013 hilang dari kurikulum yang disederhanakan di masa pandemi COVID-19 ini. Pelajaran sejarah dihilangkan untuk SMA dan SMK.

Pelajaran sejarah hilang di Kelas 10 SMA sederajat dalam kurikulum yang disederhanakan. Pelajaran sejarah hanya tampil sebagai mata pelajaran pilihan kelompok ilmu sosial di kelas 11 dan 12, bukan mata pelajaran dasar.

Di SMK, kurikulum yang dipakai saat ini adalah kurikulum 2013 hasil penyempurnaan tahun 2018. Ada mata pelajaran sejarah Indonesia di dalamnya. Pada kurikulum yang disederhanakan yang tercantum dalam dokumen yang beredar itu, pelajaran sejarah tidak ada lagi.

Kemdikbud menegaskan bahwa pelajaran sejarah tidak mungkin dihapus dari kurikulum. "Tidak benar. Mata pelajaran sejarah tetap ada dalam kurikulum pendidikan," kata Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud, Maman Fathurrohman, kepada detikcom.

Dia menjelaskan dokumen itu bukanlah dokumen final. Jadi, penghapusan mata pelajaran sejarah dari SMA sederajat juga belum final.

5. Blackpink resmi kolaborasi dengan GIM PUBG

Girlband BLACKPINK akhirnya mengonfirmasi bahwa mereka akan berkolaborasi dengan gim PUBG.

"#BLACKPINK IN YOUR AREA! #PUBGMxBLACKPINK @PUBGMOBILE," demikian keterangan BLACKPINK yang diunggah di akun Twitter agensi mereka, YG Entertainment, Kamis (17/9).

Dilansir CNN, pengumuman ini disertai foto seluruh anggota BLACKPINK sedang berpose di latar kota berwarna serba merah muda. Lisa, Jisoo, Rose, dan Jennie tampak mengenakan gaun berwarna hitam.

(dwia/imk)