Cerita Ayu, Mahasiswi Hindu yang Berhijab 5 Tahun Selama Kuliah

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 17:23 WIB
Ananda Ayu Masnathasari, mahasiswi Hindu pertama yang lulus dari Universitas Muslim Indonesia (UMI). Selama 5 tahun dia memakai jilbab di kampus (dok Istimewa)
Foto: Ananda Ayu Masnathasari, mahasiswi Hindu pertama yang lulus dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) (dok Istimewa)
Jakarta -

Ananda Ayu Masnathasari seorang mahasiswi di Makassar menjadi viral. Perempuan asal Takalar ini jadi mahasiswi beragama Hindu pertama yang lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI).

UMI dikenal sebagai kampus muslim. Ayu pun selama kuliah harus mengenakan hijab. Namun Ayu mengaku tak merasa dipaksa.

"Jadi dia (Ananda) sendiri bilang ke saya, dia mengenakan jilbab selama lima tahun di UMI tanpa ada paksaan dan menjadi biasa. Anaknya sangat positive thinking," kata Dekan Fakultas Teknik Industri UMI, Zakir Sabara, saat berbincang dengan detikcom, Jumat (18/9/2020).

"Saya kira itu menunjukkan bahwa kampus UMI sejak dulu sampai sekarang sangat plural. Bahwa kami ada mata kuliah ciri khusus, kan semua mata kuliah itu ilmu pengetahuan boleh dipelajari siapa saja dan agama apa apun," imbuhnya.

Meski Ananda berkuliah di UMI, Zakir menyebut kampus tidak mewajibkannya untuk mengikuti orientasi di pesantren seperti mahasiswa pada umumnya. Ananda tetap bisa melaksanakan ibadahnya di Pura.

"Ini anak kerennya anak kedokteran, untuk pertama kalinya di Fakultas Kedokteran yang nonmuslim yang lulus. Proses di UMI tidak menghalangi nonmuslim tidak jadi dokter. Ini bukan soal ibadah dan akidah," ungkapnya.

Sementara itu, Ayu mengatakan bahwa dia banyak belajar tiap hari selama 5 tahun 8 bulan di kampusnya. Ayu mengaku memakai jilbab selama waktu itu untuk menghargai aturan dari almamaternya.

"Jadinya saya banyak belajar tiap hari, lebih siap diri bahwa tiap hari ada tantangan," ungkap anak guru olahraga ini.

(jbr/tor)