Bicara Dampak Corona, Jokowi Ajak GP Ansor Ikhtiar Dhohir dan Batin

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 15:36 WIB
Gerakan Pemuda Ansor, yang berada di bawah induk PBNU menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/1). Begini suasana pertemuannya.
Presiden Jokowi saat menerima GP Ansor. Kegiatan ini dilakukan sebelum pandemi virus Corona. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Pandemi virus Corona berdampak secara global, termasuk terhadap Indonesia. Karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak anggota Gerakan Pemuda (GP) Ansor untuk ikhtiar dhohir dan ikhtiar batin.

"Dalam situasi seperti ini, ketangguhan kita sebagai sebuah bangsa yang benar-benar menghadapi ujian, kita harus satu barisan. Kita harus satu frekuensi, kita harus satu semangat, karena kita perlu kerja keras, berikhtiar dengan sungguh-sungguh, baik ikhtiar dhohir maupun batin," kata Jokowi saat membuka Konferensi Besar GP Ansor secara virtual, Jumat (18/9/2020).

Ikhtiar dhohir yang dimaksud Jokowi adalah upaya manusia menjaga kesehatan, mengikuti anjuran dokter, maupun tidak stres dalam menghadapi pandemi virus Corona. Jokowi juga mengingatkan pentingnya mengkonsumsi makanan bergizi dan halal.

"Ikhtiar dhohir antara lain menjaga pola hidup bersih sebagaimana diajarkan Islam, mengikuti protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan sering sering mencuci tangan, jaga wudu, mengkonsumsi makanan yang halal dan thoyib, yang baik, sehat, dan bergizi, olahraga yang cukup dan teratur serta juga istirahat yang cukup dan tidak stres. Ini yang penting," jelas Jokowi.

Sedangkan ikhtiar batin antara lain seperti memperbanyak zikir, istigfar, serta tobat kepada Allah SWT. Jokowi turut mengajak anggota GP Ansor memperbanyak infak membantu masyarakat yang terdampak virus Corona.

"Adapun ikhtiar batin adalah memperbanyak zikir, istigfar, dan tobat kepada Allah, memperbanyak infak dan sedekah, terutama ketika saat ini banyak saudara-saudara kita yang kehilangan pekerjaan, banyak saudara kita yang memerlukan bantuan-bantuan," ucap Jokowi.

Jokowi menambahkan, musibah pandemi Corona menjadi pelajaran mengenai pentingnya berdiri di atas kaki sendiri atau berdikari. Jokowi mengajak kepada anggota GP Ansor untuk memperkuat perekonomian dalam negeri seperti membeli produk-produk lokal.

"Sebagai orang yang beriman kepada Allah SWT tentu saja kita harus mengambil hikmah dari setiap kejadian. Sebab, kita meyakini setiap kejadian dan ciptaan Allah pasti ada hikmahnya. Tidak ada yang sia-sia," ujar Jokowi.

"Saya mengajak kepada seluruh anggota GP Ansor di mana pun berada untuk bangga dan mencintai produk-produk anak negeri, membeli dan mempromosikan produk-produk petani lokal, nelayan lokal, dan produk-produk UMKM," katanya.

(dkp/imk)