Perusahaan Ban Ini Kurangi Sampah Plastik dengan Cara Tak Biasa

Angga Laraspati - detikNews
Jumat, 18 Sep 2020 10:05 WIB
PT Bridgestone Tire Indonesia
Foto: PT Bridgestone Tire Indonesia
Jakarta -

Pengurangan sampah plastik kini tengah digencarkan di beberapa negara, salah satunya Indonesia. Lewat berbagai cara, pemerintah terus menumbuhkan kesadaran masyarakat agar sampah plastik dapat dikurangi.

Dilansir dari World Economic Forum, Indonesia ternyata mengalami peningkatan jumlah sampah plastik per tahunnya. Tak ayal, peningkatan tersebut dapat merusak saluran air dan garis pantai, belum lagi akumulasi dari limbah beracun yang dihasilkan oleh sampah plastik yang dapat merusak pangan serta kesehatan masyarakat.

Bahkan sebagai negara dengan industri perikanan yang berkembang pesat, besar kemungkinan industri tersebut akan terancam akibat meningkatnya jumlah sampah plastik di laut. Diprediksi juga pada tahun 2025, jumlah sampah yang bocor ke laut akan meningkat menjadi 800.000 ton jika tak ada tindakan yang diambil.

Dari data-data yang disajikan tersebut, memang sebuah langkah harus segera dilakukan agar jumlah sampah yang ada di Indonesia segera berkurang. Pemerintah pun juga menargetkan pada tahun 2025 jumlah sampah dapat berkurang 30%, dan itu sudah sejalan dengan Peraturan Presiden No.97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Saat ini juga ada lebih dari 30 kota/kabupaten di Indonesia yang mulai menerapkan pelarangan penggunaan plastik sekali pakai, termasuk di DKI Jakarta untuk mengurangi potensi potensi sampah plastik.

Tak mau ketinggalan, salah satu produsen ban kendaraan PT Bridgestone Tire Indonesia (Bridgestone Indonesia) turut berpartisipasi dalam upaya mengurangi jumlah sampah plastik di Indonesia. Seperti pada awal September 2020 ini, Bridgestone Indonesia memperkenalkan label ban baru dengan tampilan yang lebih ringkas dan dan memiliki ukuran yang setidaknya 40% lebih kecil dari label ban sebelumnya yang diperuntukkan bagi pasar Indonesia.

"Mengingat penggunaan label ban masih diharuskan di pasar Indonesia, kami memaksimalkannya dengan membuat desain yang lebih ringkas dan menarik. Ukuran label baru yang lebih kecil ini juga merupakan bentuk turut serta kami dalam program pemerintah untuk dapat mengurangi jumlah sampah plastik," ucap Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia Mukiat Sutikno, dalam keterangan tertulis.

"Inisiatif ini juga merupakan bagian dari CSR Bridgestone Global 'Our Way to Serve' untuk menghasilkan lingkungan sehat bagi generasi kini dan mendatang," tambahnya.

Berdasarkan angka penjualan rata-rata tahunan Bridgestone di Indonesia, inisiatif untuk mengurangi ukuran label ban ini diperkirakan dapat membantu mengurangi sampah plastik sebesar 7-ton setiap tahunnya.

Selain itu, label baru pada ban Bridgestone di pasar Indonesia juga sudah dilengkapi dengan QR Code sehingga pelanggan lebih mudah mengakses semua informasi pada ban mulai dari ukuran hingga info penting lainnya.

(ega/ega)