Hari Perhubungan, Kemenhub Beri Penghargaan ke 12 Perusahaan Terbaik

Inkana Putri - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 15:01 WIB
Kemenhub
Foto: Kemenhub
Jakarta -

Bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas), Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak memberikan penghargaan kinerja operasional pelabuhan terbaik 2020.

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Arif Toha mengatakan penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada para insan maritim atau pelaku usaha jasa kepelabuhan yang telah berhasil menunjukan kinerja yang terbaik. Penghargaan ini juga sesuai peringatan Hari Perhubungan Nasional yang bertema 'Wujudkan Asa Majukan Indonesia'.

"Kami memberikan apresiasi kepada insan-insan maritim pelaku usaha jasa kepelabuhanan dan jasa terkait kepelabuhanan yang telah mampu menunjukkan kinerja yang terbaik sebagai salah satu bekal mewujudkan asa memajukan Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (17/9/2020).

Adapun acara penghargaan ini digelar di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara lantai 2 Pelabuhan Tanjung Perak. Penghargaan diberikan kepada 12 perusahaan terbaik yang terbagi dalam 5 kategori antara lain terbaik operator terminal berdasarkan kinerja pelayanan operasional, terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS), terbaik perusahaan keagenan kapal, perusahaan jasa pengurusan transportasi dan kinerja pengelolaan lingkungan hidup.

Arif menjelaskan pihaknya juga telah mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) pada 2019, yang saat ini sedang dalam proses menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada tahun 2020. Menurutnya, capaian ini merupakan hasil dari pihak otoritas pelabuhan yang selalu bertekad menjunjung tinggi integritas dalam melayani masyarakat sesuai dengan semboyan ISO REK.

"Seluruh insan otoritas pelabuhan telah bertekad menjunjung tinggi integritas, memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat dengan semboyan ISO REK! Integritas, Semangat, Optimis, Responsif, Excellent, Kreatif. Seluruh pelayanan publik Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak telah memiliki Standar Operasional Prosedur," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Arif juga mengingatkan jika nantinya ditemukan adanya biaya ilegal dalam proses pelayanan, masyarakat tak perlu ragu untuk melaporkan ke pihak otoritas pelabuhan di nomor pengaduan 0823 2222 6500.

"Tidak ada biaya pelayanan yang tidak sesuai ketentuan dan legalitas yang telah ditetapkan. Apabila bapak ibu mengetahui ada biaya yang tidak legal dan pelayanan yang kurang memuaskan, silakan menyampaikan pada telepon pengaduan kami di 0823 2222 6500 sekali lagi 0823 2222 6500," tegasnya.

Sementara itu kepada para perusahaan dengan predikat terbaik, Arif berpesan agar tetap terus meningkatkan kinerja ke depan.

"Kepada bapak ibu pimpinan perusahaan yang mendapatkan predikat terbaik hari ini saya ucapkan selamat dan terus semangat meningkatkan kinerja," pungkasnya.

Sebagai informasi, berikut 12 perusahaan yang mendapatkan 5 kategori terbaik di Pelabuhan Tanjung Perak.

Kategori dua terbaik operator terminal berdasarkan kinerja pelayanan operasional Pelabuhan Tanjung Perak
1. PT Terminal Petikemas Surabaya
2. PT Berlian Jasa Terminal Indonesia

Kategori dua terbaik terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS)
1. PT Indofood Sukses Makmur Tbk
2. PT Pelindo Marine Service

Kategori tiga terbaik perusahaan keagenan kapal
1. PT Mutiara Tirta Dewata
2. PT Samudera Agencies Indonesia
3. PT Global Shipping Indonesia

Kategori tiga perusahaan jasa pengurusan transportasi
1. PT Sunan Inti Trans
2. PT Perwinda Transcotama
3. PT Dirgantara Surya Persada

Kategori empat kinerja pengelolaan lingkungan hidup
1. Indofood Sukses Makmur
2. PT Terminal Teluk Lamong
3. PT PAL Indonesia
4. PT Terminal Petikemas Surabaya

(akn/ega)