Sipol Bermasalah, Pendaftaran Cawabup Barru Pengganti Andi Ogi Sempat Alot

Hasrul Nawir - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 10:34 WIB
Pendaftaran Aska Mappe di KPU Barru
Pendaftaran Aska Mappe di KPU Barru. (Dok Hasrul Nawir/detikcom)
Barru -

Bakal calon Wakil Bupati (cawabup) Barru, Sulawesi Selatan, Aska Mappe, resmi mendaftar berpasangan dengan calon Bupati (cabup) petahana, Suardi Saleh, di Pilkada Barru 2020. Aska Mappe menggantikan Andi Mirza Riogi Idris, yang dinyatakan gugur karena tak memenuhi syarat akibat positif narkoba.

Pendaftaran Aska Mappe di KPU Barru didampingi Suardi Saleh, Rabu (16/9) malam. Proses pendaftaran berlangsung alot, pasalnya interval waktunya tidak seperti pendaftaran Suardi dengan Andi Ogi.

Saat mendaftar bersama Andi Ogi, pendaftaran berlangsung kurang-lebih 1 jam. Namun pendaftaran Aska Mappe menghabiskan waktu sampai 4 jam. Prosesi pendaftaran Aska Mappe berlangsung dari pukul 20.30 hingga 24.00 Wita.

Cabup petahana, Suardi Saleh, mengatakan pendaftaran pasangannya, Aska Mappe, memang berlangsung lama. Ia meminta agar permasalahan ini menjadi evaluasi bagi penyelenggara pemilu.

"Alhamdulillah prosesinya pun tadi lancar, tidak ada kendala di dalamnya," kata Suardi seusai mendampingi wakilnya mendaftar di KPU.

Suardi pun mengungkap faktor yang membuat proses pendaftarannya agak alot, yaitu di persoalan silon.

"Walaupun rekomendasi dari partai sebetulnya sudah ada, namun belum masuk di Info Pemilu. Ini kan persoalan sistem saja," jelasnya.

Ketua KPU Barru Syarifuddin Ukkas mengatakan pendaftaran penggantian bakal pasangan calon kali ini memang agak alot. Pasalnya, ada permasalahan teknis di sistem informasi partai politik (sipol) KPU.

"Kita terkendala di sistem. Karena Sipol lambat meng-upload SK terakhir ke Info Pemilu. Ini yang membuat berat prosesnya karena harus meng-upload ke sipol, dari sipol masuk ke silon (sistem informasi pencalonan) lagi," jelas dia , Kamis (17/9/2020).

"Selanjutnya setelah diterima ini, kita akan lanjut pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon wakil bupati ini, yang rencananya akan berlangsung di RSUP dr Wahidin Sudirohusodo pada 19 September nanti," paparnya.

Syarifuddin memastikan berkas pendaftaran Aska Mappe sudah diterima. KPU selanjutnya akan melakukan proses verifikasi.

"Terkait B1KWK dari ke 4 partai pengusung paslon ini juga sudah aman," terang Syarifuddin.

Seperti diketahui, pasangan Suardi sebelumnya di Pilbup Barru, Andi Mirza Riogi Idris tak memenuhi syarat pencalonan sebagai cawabup. Hal ini dikarenakan berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan, Andi Mirza dinyatakan positif mengkonsumsi narkoba.

Andi Ogi yang berasal dari PDIP itu diketahui positif narkoba setelah menjalani pemeriksaan kesehatan di RS Private Care Center (PCC) RSUP Wahidin Sudirohusodo, Kota Makassar. Karena hal ini, Andi Mirza dinyatakan tidak memenuhi syarat dan didiskualifikasi sebagai calon.

"Andi Mirza Riogi Idris dinyatakan tidak memenuhi syarat sebagai calon Wakil Bupati Barru dikarenakan positif narkotika. Konsekuensi bagi Andi Riogi yang telah dinyatakan TMS (tidak memenuhi syarat) sebagai calon wakil bupati yaitu didiskualifikasi sebagai kandidat," ujar Ketua KPU Barru Syarifuddin H Ukkas kepada wartawan, Minggu (13/9).

(elz/ear)