Round-Up

Geger Temuan Mayat Pria Dimutilasi di Apartemen Kalibata City

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 17 Sep 2020 06:36 WIB
Lokasi penemuan mayat dimutilasi di Apartemen Kalibata City
Lokasi penemuan mayat dimutilasi di Apartemen Kalibata City. (dok.istimewa)
Jakarta -

Penemuan sesosok mayat pria di Apartemen Kalibata City, Pancoran, Jakarta Selatan, membuat geger warga. Mayat pria tersebut ditemukan dalam kondisi dimutilasi.

Kasus itu terungkap setelah polisi menerima laporan orang hilang. Korban diketahui bernama Rinaldi Harley Wismanu, yang dinyatakan hilang sejak Rabu (9/9) lalu.

Jasad korban ditemukan pada Rabu (16/9) sekitar pukul 19.00 WIB. Korban ditemukan di salah satu unit di lantai 16 Tower Ebony Apartemen Kalibata City.

"Jadi begini, di lantai 16 mayatnya disimpan di sini," kata Kanit Reskrim Polsek Pancoran Iptu Supardi kepada detikcom, Rabu (16/9/2020).

Supardi membenarkan bahwa korban dimutilasi.

"Iya, mutilasi," imbuhnya.

Menurut Supardi, korban diseksekusi di sebuah apartemen di kawasan Jakarta Pusat. Pelaku kemudian menyimpan jasad korban di lantai 16 Tower Ebony Apartemen Kalibata City.

"Di lantai 16 mayatnya, disimpan di sini (Apartemen Kalibata City), tempat pelaku naruh korban," kata Kanit Reskrim Polsek Pancoran Iptu Supardi saat dihubungi detikcom, Rabu (16/9/2020).

General Marketing Apartemen Kalibata City Ishak Lopung membenarkan soal penemuan mayat tersebut. Menurut Ishak Lopung, polisi juga telah melakukan olah TKP di lokasi kejadian.

"Iya tadi sekitar pukul 19.00 WIB polisi sudah melakukan olah TKP. Untuk lebih jelasnya, silakan tanyakan ke polisi," ujar Ishak.

Polda Metro Jaya mengungkap identitas korban adalah Rinaldi Harley Wismanu. Rinaldi Harley Wismanu sebelumnya dilaporkan hilang sejak Rabu (9/9).

"Hilang sejak 9 September. Dinyatakan hilang oleh keluarganya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangannya kepada detikcom, Rabu (6/9/2020).

Keluarga telah melaporkan perkara tersebut di Polda Metro Jaya pada Sabtu (12/9). Laporan tersebut tertuang dalam laporan bernomor B/12.426/IX/YAN2.4/2020/SPKT PMJ, tertanggal 12 September 2020.

Dari hasil penyelidikan, diketahui korban terakhir kali terlacak di Apartemen Tamansari, Semanggi, dan kantor di Pancoran, Jakarta Selatan. Hasil penyelidikan itu, polisi menemukan jasad korban yang disimpan di dalam sebuah koper.

"Jadi kaitan dengan LP (laporan orang hilang) tadi, kemudian hasil penyelidikan ditemukan jenazahnya di situ dalam kondisi dimutilasi dalam koper yang dibungkus," jelas Kombes Yusri Yunus dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (16/9/2020).

Yusri membenarkan jasad korban dimutilasi. Hanya, Yusri tidak menjelaskan berapa bagian tubuh korban yang dimutilasi.

"Jadi potongan-potongannya dibungkus menggunakan tas keresek dan ditaruh di dalam koper," imbuhnya.

Polisi saat ini telah menangkap beberapa pelaku, di kawasan Depok, Jawa Barat. Seorang perempuan juga ikut diamankan dalam kasus ini.

Saat ini polisi masih menyelidiki motif pembunuhan tersebut. Sejumlah saksi telah diamankan terkait pembunuhan tersebut.

(mei/mei)