Wabup Yalimo yang Tabrak Polwan hingga Tewas Cabup di Pilkada 2020

Wilpret - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 16:17 WIB
Wakil Bupati Yalimo menabrak Polwan hingga tewas.
Wakil Bupati Yalimo menabrak Polwan hingga tewas. (Wilpret/detikcom)
Jakarta -

Wakil Bupati Yalimo Erdi Dabi (ED) menabrak seorang Polwan, Bripka Christin Meisye Batfeny (36), hingga meninggal dunia. Erdi ternyata saat ini mencalonkan diri sebagai bupati pada Pilkada 2020.

"Iya betul, Saudara ED, yang merupakan wabup, terdaftar sebagai peserta pilkada (bakal calon bupati) melalui jalur partai politik tahun 2020 ini di Kabupaten Yalimo," kata Ketua KPU Yalimo Yehemia Walianggen saat dimintai konfirmasi, Rabu (16/9/2020).

Erdi Dabi mencalonkan diri sebagai Bupati Yalimo diusung tiga partai, yaitu PKB, PBB, dan Partai Gerindra. Namun Yehemia menegaskan kejadian tersebut tak terkait dengan tahapan pilkada.

"Kejadian ini sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan kami di KPU, termasuk tahapan yang sedang berjalan saat ini, karena ini ranah kepolisian," ujar Yehemia.

Yehemia menghormati proses hukum yang sedang ditangani polisi. Jika sudah ada keputusan tetap, Yehemia mengatakan Erdi Dabi bisa saja digugurkan.

"Jika persoalan ini berlanjut secara hukum, yang bersangkutan harus ada putusan hukum tetap, sehingga KPU mengambil sikap sesuai dengan aturan yang berlaku," ujar Yehemia.

"Kalau sudah ada putusan hukum tetap, kemungkinan pencalonan bisa gugur. Tapi kalau tidak ada putusan, kita tetap jalankan tahapan yang ada dengan para peserta pilkada/bakal calon," sambung dia.

Terlepas dari itu, Yehemia mengatakan proses Pilkada 2020 berjalan dengan baik. Saat ini pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan kesehatan calon.

"Saat ini kita sedang mengikuti tahapan pemeriksa kesehatan, dan hari ini kita sedang menunggu hasilnya bersama dengan sejumlah bakal calon kita di Jayapura," tutur Yehemia.

(knv/knv)