Viral Antrean Ambulans di Wisma Atlet, Jalur Pintu Masuk Akan Ditambah

Ibnu Hariyanto - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 15:48 WIB
Penampakan Antrean Ambulans Masuk RSD Wisma Atlet Viral
Penampakan Antrean Ambulans Masuk RSD Wisma Atlet Viral
Jakarta -

Video yang menunjukkan antrean sejumlah ambulans di depan RSD Wisma Atlet viral di sosial media. Kasdam Jaya Brigjen TNI Saleh Mustafa mengatakan antrean itu akibat akses masuk di RSD Wisma Atlet hanya dibuka satu pintu.

"Kapasitas TT kami masih ada, permasalahan di pintu masuk hanya dibuka 1 pintu,"kata Brigjen TNI Saleh Mustafa saat dikonfirmasi, Rabu (16/9/2020).

Namun ia mengatakan pihak RSD Wisma Atlet sudah melakukan evaluasi. Menurutnya, akses masuk ke RSD Wisma Atlet nantinya akan dibuka dua pintu.

"Nanti akan dibuat jalur 2 pintu masuk utama, pintu 1/ jalur A untuk yang Tower 6 dan 7 bagi pasien dengan gejala, pintu2/jalur B untuk Tower 5 bagi pasien OTG/tanpa gejala," sebutnya.

Sebelumnya diberitakan, Koordinator Operasional RSD Wisma Atlet, Kolonel dr Stefanus Dony, menjelaskan bahwa antrean tersebut terjadi malam tadi sebelum pukul 21.00 WIB di depan tower 5, 6, dan 7. Dia menyebut antrean itu sudah biasa terjadi.

"Itu terjadi hal yang biasa antre untuk masuk ke IGD dan terjadi sesaat ya ramai sebelum jam 21.00 WIB," ucap Stefanus saat dimintai konfirmasi, Selasa (15/9).

Stefanus mengatakan antrean tersebut merupakan pendaftaran pasien isolasi mandiri di tower 5. Selain itu, pasien dengan gejala ringan sampai sedang antre saat itu untuk masuk di RSDC tower 6 dan 7.

Berdasarkan video yang beredar, terlihat sejumlah ambulans berbaris antre di depan RSD Wisma Atlet. Ambulans yang antre tersebut terlihat dari berbagai kecamatan dan puskesmas. Seluruh ambulans yang antre juga tampak menyalakan sirene.

(ibh/imk)