Sandiaga: Pak Saefullah Man of Action, Birokrat Terbaik di Pemprov DKI

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 16 Sep 2020 15:30 WIB
Sandiaga Uno di Seminar Jihad Ekonomi Umat
Sandiaga Uno (Pradito R Pertana/detikcom)
Jakarta -

Kepergian Sekda DKI Jakarta Saefullah juga meninggalkan duka mendalam bagi eks Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Sandiaga mengaku mengenal Saefullah sejak sebelum dia terpilih menjadi Wagub DKI pada 2017.

"Saya mengenal Pak Sekda ini cukup lama, mulai dari saya banyak berurusan dengan pemerintah provinsi sebagai pengusaha, beliau terkenal sebagai birokrat paling berpengalaman. Karirnya dari bawah sekali, dari seorang guru, guru SD tepatnya, dan beliau terus meningkat karirnya. Sampai akhirnya ada di jajaran tertinggi dan merupakan ASN senior dalam usianya yang cukup muda sebagai sekretaris daerah," kata Sandiaga dalam keterangannya, Rabu (16/9/2020).

Sandiaga mengatakan, pada 2015, Saefullah merupakan sosok birokrat yang sangat dihormati, solutif, dan konkret dalam menyelesaikan masalah. Saefullah, menurut dia, juga merupakan sosok yang dekat dengan masyarakat.

"Setelah mengikuti prosesi pilkada dan dilantik, saya berkesempatan mendapat kehormatan bekerja hampir 1 tahun bersama beliau. Di sinilah saya lihat dia adalah man of action, orang yang mampu bekerja secara diam-diam, tidak terlalu gembar-gembor, tidak terlalu mencari istilahnya headlines, tapi selalu menyelesaikan masalah. Saya banyak sekali berdiskusi dengan beliau bekerja sama terhadap hal-hal yang sangat pelik, sangat rumit. Prestasi DKI Jakarta untuk menyelesaikan berbagai masalah tak lepas dari peran Pak Sekda," tuturnya.

Sandiaga juga mengatakan banyak peran Saefullah di bidang kesehatan hingga penciptaan lapangan kerja di DKI Jakarta. Saefullah, yang merupakan mantan guru, kata Sandiaga, juga berperan dalam menciptakan pendidikan berkualitas di DKI Jakarta.

"Torehan karya-karya beliau akan terus bersama kita. Hari ini kita kehilangan tokoh birokrat terbaik yang pernah dimiliki, Bapak Haji Saefullah. Semoga Pak Haji Saefullah inspirasinya menjadi motivasi bagi rekan-rekan ASN Pemprov DKI dan menjadi teladan. Selamat jalan Pak Haji Saefullah. Semoga Allah SWT memberikan ridho," kata Sandiaga.

Seperti diketahui, Saefullah meninggal dunia karena COVID-19. Saefullah meninggal siang ini di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

(mae/fjp)