Polisi: Satu Korban Penembakan KKB di Intan Jaya Ditembak 7 Kali

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 16:10 WIB
Brigjen Awi Setiyono
Foto: Brigjen Awi Setiyono. (Wilda Nufus/detikcom).
Jakarta -

Dua warga sipil Laode Anas Munawir (LAM) dan Fathur Rahman (RF) menjadi korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Polisi mengatakan, korban LAM ditembak sebanyak tujuh kali.

"Korban atas nama LAM yang melintas pada pukul 11.15 WIT dari kampung Deyai ditembaki oleh KKB sebanyak kurang lebih 7 kali tembakan," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Asi Setiyono, saat konferensi pers secara daring, Selasa (15/9/2020).

Awi menyampaikan, setelah ditembak, korban langsung menyelamatkan diri. Korban kemudian diselamatkan oleh anggota TNI.

"Kemudian menyelamatkan diri dan ditolong saudari Ade Ramadhan, Bakodim Persiapan Intan Jaya," ujarnya.

Awi menuturkan, kedua korban langsung dilarikan ke salah satu rumah sakit di Timika, Papua. Saat ini, keduanya masih menjalani perawatan dan dalam kondisi stabil.

"Kedua korban selanjutnya dibawa ke bandara Bilogai menuju rumah sakit di wilayah Timika, provinsi Papua untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Hingga saat ini korban masih dalam kondisi stabil dan masih menjalani perawatan," tuturnya.

Lebih lanjut Awi mengatakan, polisi telah mengamankan barang bukti berupa satu buah prroyektil. Proyektil tersebut diduga berasal dari senjata api yang digunakan pelaku.

"Barang bukti yang diamankan petugas berupa satu buah proyektil yang diduga merupakan proyektil dari senjata api laras panjang yang digunakan untuk menembak korban oleh KKB, " kata Awi

Para pelaku saat ini masih dalam pengejaran oleh tim gabungan TNI-Polri. Kasus ini menambah daftar panjang peristiwa penembakan yang dilakukan oleh KKB. Sejauh ini sudah ada 46 kasus kekerasan yang dilakukan oleh KKB dengan korban meninggal sebanyak 9 orang dari kalangan sipil hingga aparat keamanan, korban luka sebanyak 23 orang dengan rincian 10 orang sipil, 7 anggota TNI dan 6 anggota Polri.

Untuk diketahui, Penembakan itu terjadi pada Senin (14/9) kemarin sekitar pukul 11.00 WIT di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, tepatnya di daerah Wabogombugapa Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya. Kedua korban penembakan adalah Laode Anas Munawir (33) dan Fathur Rahman (23).

"Peristiwa penembakan terjadi Senin (14/9) sekitar pukul 11.00 WIT, di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, tepatnya di daerah Wabogombugapa Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, yang diduga kuat pelakunya oleh KKB," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal di Jayapura, Papua, Selasa (15/9).

(aik/aik)