Pernyataan Menkes Terawan soal Ribuan Dokter Siap Tangani COVID

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 12:06 WIB
Menkes Terawan Agus Putranto
Menkes Terawan Agus Putranto (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut ada belasan ribu relawan tenaga kesehatan yang siap membantu penanganan COVID-19 jika dibutuhkan. Lebih detail, Terawan mengungkap jumlah dokter yang siap disebar untuk penanganan COVID-19.

"Seperti yang diketahui, total relawan tenaga kesehatan Nusantara Sehat dan internship yang sudah ditempatkan ada sebanyak 16.286 orang tersebar di rumah sakit COVID-19 dan laboratorium sarana kesehatan untuk melayani terkait COVID-19," kata Terawan seperti dilihat pada YouTube Setpres hari ini, Selasa (15/9/2020).

Selain itu, ada 3.500 dokter internship yang siap diterjunkan untuk penanganan COVID-19. Ada 800-an tenaga kesehatan, termasuk dokter, yang juga siap ditempatkan.

Merujuk pada situs Kementerian Kesehatan, internship adalah pemahiran dan pemandirian dokter baru lulus pendidikan untuk penyelarasan hasil pendidikan dengan kondisi di lapangan. Untuk kepentingan para dokter agar sudah siap dan mahir kelak ketika praktik mandiri.

"Dan masih ada 3.500 dokter internship, masih ada 800 tenaga Nusantara Sehat, dan di samping itu ada tenaga relawan 685, di sini termasuk di dalamnya ada dokter spesialis paru, anestesi, penyakit dalam, dan juga tenaga kesehatan lain, seperti perawat, dokter umum, dan sebagainya, yang siap di-deploy-kan, siap untuk membantu bila ada penambahan tenaga yang dibutuhkan," ucap Terawan.

Terawan meminta semua pihak patuh pada protokol kesehatan. Ini penting demi menekan angka penyebaran COVID-19.

Berikut ini pernyataan Menkes Terawan soal ribuan dokter siap tangani COVID-19:

Seperti yang diketahui, total relawan tenaga kesehatan Nusantara Sehat dan internship yang sudah ditempatkan ada sebanyak 16.286 orang tersebar di rumah sakit COVID-19 dan laboratorium sarana kesehatan untuk melayani terkait COVID-19.

Dan masih ada 3.500 dokter internship, masih ada 800 tenaga Nusantara Sehat, dan di samping itu ada tenaga relawan 685, di sini termasuk di dalamnya ada dokter spesialis paru, anestesi, penyakit dalam dan juga tenaga kesehatan lain seperti perawat, dokter umum, dan sebagainya, yang siap di-deploy-kan, siap untuk membantu bila ada penambahan tenaga yang dibutuhkan

Dan untuk yang terakhir kami mohon untuk selalu patuh pada protokol kesehatan. Mohon partisipasi dari semua pihak terutama di level kelurahan, desa, RW dan RT untuk menjaga kedisiplinan pelaksanaan protokol kesehatan. Memakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan.

Simak video 'Menkes: Ada 16.286 Relawan Nakes untuk Hadapi COVID-19':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/fjp)