PSBB Ketat DKI, Anies Sidak Mal di Kuningan Malam-Malam

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 15 Sep 2020 01:46 WIB
Anies Baswedan
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Andika Prasetia/detikcom).
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke salah satu pusat perbelanjaan di daerah Kuningan, Jakarta Selatan malam ini. Sidak dilakukan dalam rangka pengecekan terkait pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di DKI Jakarta yang mulai diberlakukan kembali secara ketat.

Hal itu diketahui dari video yang diunggah akun Instagram resmi Satpol PP DKI Jakarta, seperti dilihat detikcom, Selasa (15/9/2020) dini hari. Anies sidak ke Plaza Festival, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan pada Senin (14/9) malam mengenakan seragam dinas lengkap dengan masker dan topi.

Anies tampak didampingi Kasatpol PP DKI, Arifin. Anies yang berjalan kaki bersama rombongan tampak melambaikan tangan dan menyapa sejumlah pengemudi ojek online yang tengah menunggu pesanan makanan di sebuah gerai yang terletak di area luar gedung.

Anies pun berhenti di gerai makanan tersebut dan berbincang dengan salah satu petugas restoran. Anies menanyakan apakah restoran tersebut masih melayani makan di tempat atau tidak.

"Jadi nggak ada kontak langsung?" tanya Anies.

"Siap, nggak ada, Pak," jawab petugas tersebut.

"Banyak yang order?" tanya Anies lagi.

"Alhamdulillah, banyak, Pak," jawab si petugas, sembari mengangkat plastik pesanan makanan yang siap diberikan kepada pemesan.

Anies lalu melanjutkan sidak ke area dalam Plaza Festival. Anies bersama rombongan terlihat berkeliling. Suasana di Plaza Festival saat itu sepi.

"Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan didampingi Kasatpol PP DKI Jakarta, Arifin beserta jajaran malam ini melakukan Sidak (Inspeksi Mendadak) di Pusat Perbelanjaan Pasar Festival berlokasi di Jalan HR Rasuna Said, Rasuna Epincentrum, Kuningan, Jakarta Selatan," demikian keterangan yang menyertai unggahan video sidak dari Satpol PP.

Sidak dilakukan dalam rangka PSBB. Satpol PP juga mengingatkan masayarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

"Kegiatan Sidak dilaksanakan dalam rangka Pembatasan Aktivitas selama PSBB tahap 2 yang dimulai hari ini 14 September 2020," tulis Satpol PP DKI.

Seperti diketahui, PSBB ketat kembali diberlakukan di DKI Jakarta mulai Senin (14/9). Sejumlah pembatasan dilakukan, termasuk larangan makan di tempat atau dine in di kafe atau restoran.

"Beberapa tempat kegiatan yang bisa beroperasi tapi dengan kondisi tertentu, restoran, rumah makan, dan kafe bisa beroperasi hanya dengan memberikan pengantaran atau ambil bawa pulang. Tetapi tidak diizinkan menerima pengunjung makan di tempat," kata Anies dalam jumpa pers yang disiarkan kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta, Minggu (13/9).

Selain itu, pasar dan pusat perbelanjaan masih diizinkan untuk dibuka. Namun, kapasitas di mal atau pasar dibatasi maksimal 50 persen.

"Pasar dan pusat perbelanjaan dapat beroperasi dengan menetapkan batasan kapasitas paling banyak 50 persen pengunjung yang berada dalam lokasi yang bersamaan," ujar Anies.

[Gambas:Instagram]

(azr/dhn)