Cabup Petahana Kutai Kartanegara Lawan Kotak Kosong di Pilkada 2020

Suriyatman - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 22:09 WIB
ilustrasi pilkada serentak 2015
Ilustrasi Pilkada (Zaki Alfarabi/detikcom)
Kutai Kartanegara -

Pemilihan Bupati-Wakil Kutai Kartanegara (Pilbup Kukar) hanya akan diikuti satu pasangan calon. Tak ada penantang calon bupati-wakil bupati petahana meski KPU telah memperpanjang masa pendaftaran peserta pilkada.

Ketua KPU Kukar Erlyando Saputra mengatakan pasangan petahana Edi Damansyah dan Rendi Solihin sempat akan mendapat lawan Awang Yaqub Lukman (AYL) dan Suko Buwono. Namun berkas pasangan AYL-Suko tidak lolos.

"Minggu malam ada yang sudah mendaftar dan sudah kami terima berkas pendaftaranya dicatat sebagai salah satu pendaftar Bacalon Kepala Daerah. Setelah kami teliti dan berkas pendaftaran pencalonan bakal calon bupati AYL dan bakal cawabup Suko Buono kami tolak," kata Erlyando, Senin (14/9/2020).

Erlyando mengatakan pihaknya menolak berkas AYL-Suko karena persyaratan pencalonan dan syarat belum lengkap dan sah.

"Pendaftaran tidak diantar pengurus inti partai pengusung. Serta form B-KWK koalisi parpol ditandatangani bukan oleh ketua dan sekretaris PAN Kukar yang terdaftar di Sipol KPU Pusat," katanya.

Dengan demikian, lanjutnya, sudah dipastikan pasangan Edi Darmansyah dan Rendy Ismail akan melawan kotak kosong.

"Saat ini sesuai jadwal pasangan petahana melakukan pemeriksaan kesehatan lengkap yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Parikesit Tenggarong," kata Erlyando.

(jbr/jbr)