2 Begal Modus Tawuran di Palembang Ditangkap

Raja Adil Siregar - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 19:11 WIB
2 terduga begal di Palembang ditangkap (Raja Adil-detikcom)
Foto: 2 terduga begal di Palembang ditangkap (Raja Adil-detikcom)
Palembang -

Dua orang begal di Palembang, Sumatera Selatan, ditangkap polisi. Kedua orang itu diduga melakukan aksinya dengan menggunakan pedang dan bermodus tawuran.

Kedua orang yang ditangkap yaitu Tedi Arianto (28) dan M Sobri (20). Mereka adalah warga Komplek YKP Ilir Barat I Kota Palembang yang diduga beraksi di Jalan Soekarno Hatta.

"Dua pelaku ini ditangkap setelah beraksi pada 29 Agustus lalu. Korban ditodong di pinggir jalan dengan modus tawuran," ujar Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel, Kompol Suryadi, di Mapolda Sumsel, Palembang, Senin (14/9/2020).

Kedua pelaku, kata Suryadi, ditangkap Unit 1 Subdit Jatanras pada Sabtu (12/9) pukul 12.00 WIB di Pakjo, Ilir Barat I, Palembang. Saat ditangkap, keduanya sempat melakukan perlawanan.

"Kedua pelaku berusaha kabur, bahkan di lokasi sempat dikasih tembak peringatan. Akhirnya pelaku dapat ditangkap. Barang bukti disita ada motor dan pedang," ujar Suryadi.

Salah satu terduga pelaku, Tedi disebut mengakui aksi begal yang dilakukannya. Dia mengaku memakai modus tawuran untuk menakut-nakuti korban.

"Saya hanya diajak teman, jadi pura-pura tawuran, ribut mau nyariin orang. Itu kan korban ketakutan yang bawa motor, jadi motor ditinggal baru diambil," kata Teddy.

Tidak hanya menakut-nakuti korban, para pelaku yang berjumlah enam orang juga mengaku sempat mengacungkan pedang. Ada juga yang merusak motor korban untuk meyakinkan.

"Ada yang pukul bodi motor pakai pedang biar takut. Makanya itu di body motor ada rusak bekas pedang, sama jok juga robek dibacok," katanya.

Atas perbuatanya, kedua pelaku ditahan di Polda Sumsel dan terancam Pasal 365 KUHP dengan ancaman penjara maksimal 15 tahun. Selain itu, ada empat pelaku lain yang kini masih diburu.

(ras/haf)