Round-Up

7 Fakta Syekh Ali Jaber Ditusuk Orang Tak Dikenal di Lampung

Tim detikcom - detikNews
Senin, 14 Sep 2020 08:00 WIB
Syekh Ali Jaber di Kampung Melayu
Syekh Ali Jaber (Akhmad Mustaqim/detikcom)
Jakarta -

Pendakwah Syekh Ali Jaber ditusuk oleh seorang pemuda tak dikenal berinisial AA (24) di Lampung usai memberikan ceramah. Ada sejumlah fakta yang terungkap dari penusukan Syekh Ali Jaber.

"Jadi benar ada kejadian penusukan dari seorang pelaku di tengah kegiatan masyarakat yang bersifat keagamaan dengan mengundang Syekh. Pas kegiatan itu, terjadi penusukan yang dilakukan seseorang yang tidak dikenal," ujar Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Zahwani Pandra Arsyad, saat dihubungi, Minggu (13/9/2020).

Fakta-fakta tersebut mulai dari Syekh Ali Jaber ditusuk saat hendak berfoto bersama dengan jemaah hingga pelaku ditangkap. Berikut ini fakta-fakta yang terungkap:

1. Detik-detik Penusukan Syekh Ali Jaber

Syekh Ali Jaber mengungkapkan detik-detik saat dia hendak ditusuk orang tak dikenal. Ketika tahu ada orang datang dan akan mencelakai dirinya, dia langsung mengangkat tangan untuk menutupi bagian leher. Lalu, pisau yang dibawa pelaku menusuk lengannya.

"Saya bisa selamat karena Allah takdirkan. Saya angkat tangan di posisi ke depan leher dan dada, dan tusukan cukup keras, cukup kuat, sampai separuh pisau masuk ke dalam, cukup dalam," kata Syekh Ali Jaber dalam video yang diunggah di akun YouTube 'Syekh Ali Jaber', Minggu (13/9/2020).

Dia menyebut pisau tertancap di lengannya hingga patah. Patahan pisau itu kemudian dia ambil sendiri.

"Alhamdulillah di tangan, bukan di leher, sampai patah pisaunya. Saya sendiri yang lepaskan pisaunya, yang sudah patah di dalam. Saya keluarkan, alhamdulillah, alhamdulillah, inalillahi wainnailaihi rojiun," kata Ali.

2. Pelaku Penusukan Syekh Ali Jaber Ditangkap

Usai kejadian penusukan, pelaku berinisial AA langsung ditangkap polisi. Kondisi Syekh Ali Jaber disebut tak parah.

"Untuk situasi saat ini sudah bisa dikendalikan dan dalam keadaan stabil, dan Syekh tidak mengalami keadaan yang parah. Pelaku juga sudah bisa kita amankan," ujar Kabid Humas Polda Lampung Kombes Zahwani Pandra Arsyad saat dihubungi, Minggu (13/9/2020).

Pandra menuturkan saat ini pihaknya tengah melakukan penyelidikan serta memeriksa saksi.

"Melakukan penyelidikan di tempat perkara, kemudian memeriksa atau mendengarkan dari saksi korban maupun saksi di TKP," kata Pandra.

Video 'Cerita Syekh Ali Jaber Ditusuk Hingga Pisau Patah':

[Gambas:Video 20detik]