Megawati Larang Calon Kepala Daerah PDIP Angkuh dan Pongah Usai Menang

Eva Safitri - detikNews
Minggu, 13 Sep 2020 17:34 WIB
Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan suara bergetar mengenang sosok Sukarno
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (Foto: Tangkapan Layar Zoom PDIP)
Jakarta -

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berpesan kepada seluruh calon kepala daerah (cakada) untuk tidak bersifat angkuh jika menang nanti. Sebab, Megawati kerap melihat kepala daerah yang angkuh dan tidak ingin turun ke rakyat.

Hal itu diungkapkan Megawati saat memberikan arahan kepada cakada asal PDIP ataupun di luar PDIP. Arahan digelar secara virtual.

"Kita bisa melihat seperti Jokowi dengan diusung PDIP, maka PDIP jadi sebuah partai yang bisa mengangkat presidennya dua kali. Jadi jangan dikira kalau nantinya Saudara yang telah menang, lalu setelah jadi calon, mulai keluar keangkuhan, kepongahan. Banyak saya lihat hal-hal seperti itu terjadi, tak mau turun ke bawah," kata Megawati, Minggu (13/9/2020).

Megawati menegaskan tidak akan mencalonkan siapa pun yang bersifat angkuh meskipun orang itu menang dalam survei. Menurutnya, survei bukan jaminan.

"Saya bilang ya terserah, nanti kita lihat apakah kalau dia mau mencalonkan lagi kedua kalinya akan kami calonkan? Karena pasti, karena sekarang orang melihat itu dengan survei meskipun saya selalu mengatakan," ujarnya.

"Survei bukan jaminan. Survei itu salah satu bagian untuk kita melihat, mendeteksi bagaimana orang ini menjalankan tugasnya sebagai pemimpin di daerah masing-masing," lanjut Megawati.

Tonton juga 'Megawati ke Kadernya: Yang Nggak Solid Saya Pecat!':

[Gambas:Video 20detik]

(eva/imk)