Tahun Ajaran Baru 2020 bagi Mahasiswa, Ini Tips Belajar di Rumah Selama Pandemi

Puti Yasmin - detikNews
Minggu, 13 Sep 2020 15:52 WIB
Shot of two young women using a laptop together in a college library
Foto: iStock/Tahun Ajaran Baru 2020 bagi Mahasiswa, Ini Tips Belajar di Rumah Selama Pandemi
Jakarta -

Tahun ajaran baru 2020 menjadi permulaan bagi para mahasiswa memulai semester awal. Hanya saja, pada semester ini mereka masih diharuskan belajar di rumah karena pandemi COVID-19.

Pemerintah memutuskan agar kegiatan belajar dan mengajar dilakukan secara virtual dari rumah. Nah, agar tetap bersemangat sebagai mahasiswa, ada baiknya melakukan beberapa hal dalam rangka menyambut tahun ajaran baru 2020.

Berikut tips belajar tahun ajaran baru 2020 selama di rumah dikutip dari In Chemistry:

1. Disiplin

Ada banyak gangguan yang bisa terjadi selama belajar di rumah. Maka dari itu, diperlukan fokus agar bisa tetap disiplin menjalankan kewajiban sebagai mahasiswa, yakni belajar.

Untuk menambah konsentrasi, para pelajar bisa mengatur ruang belajar dan jadwal layaknya seperti di kampus atau sekolah. Selain itu, kalian bisa juga mengambil beberapa langkah berjalan menuju ruangan belajar agar lebih fokus.

Cara lain agar tetap disiplin adalah menjauhkan diri dari ponsel. Gunakan ponsel saat waktu istirahat saja seperti saat meninggalkan ruangan belajar agar tetap disipilin.

2. Fleksibel

Sekolah online memiliki banyak risiko gangguan, salah satunya masalah koneksi internet. Maka dari itu, kalian diperlukan memiliki rencana cadangan, seperti materi offline sehingga masih bisa menyelesaikan tugas.

Selain itu, kalian bisa juga menyimpan nomor dosen untuk memberi tahu terkait gangguan internet yang terjadi.

3. Kelola Waktu dengan Baik

Walaupun hanya berada di dalam rumah saja, jangan lupa untuk mengatur waktu dalam mengerjakan tugas, belajar, hingga istirahat. Pastikan kalian menyiapkan pengingat guna mencegah terlewatnya informasi.

4. Hindari Gangguan

Tak hanya ada kalian yang belajar di rumah. Pastikan untuk hindari gangguan-gangguan dari orang lain di rumah selama melakukan pelajaran secara online dengan dosen.

Beri tahu teman sekamar atau orang tua bahwa kalian memerlukan waktu untuk menyelesaikan tugas atau belajar di depan komputer. Dengan begitu kalian bisa menghindari gangguan yang ada.

5. Perlakukan Diri dengan Baik

Menjalani sekolah online dan berada di depan laptop sangat berat bagi tubuh dan juga pikiran. Maka dari itu, ada waktunya bagi kalian memperlakukan diri dengan baik, seperti istirahat, jogging di tempat, atau minum air.

Jangan lupa untuk tetap berkomunikasi dengan orang di luar. Dengan memiliki kondisi tubuh serta juga pikiran yang baik, pelajaran yang diterangkan melalui online bisa dimengerti.

Selamat menjalani tahun ajaran baru 2020 para mahasiswa!

(pay/erd)