H-1 PSBB Total DKI, Kawasan BKT Dipadati Warga yang Berolahraga

Jehan Nurhakim - detikNews
Minggu, 13 Sep 2020 08:42 WIB
Warga padati kawasan BKT (Jehan/detikcom)
Warga memadati kawasan BKT, Jakarta Timur. (Jehan/detikcom)
Jakarta -

Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) total akan diterapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pada Senin (14/9) besok. H-1 PSBB total diterapkan, kawasan Banjir Kanal Timur (BKT) dipadati warga yang berolahraga.

Pantauan detikcom di Jalan Inspeksi BKT, Jakarta Timur, Minggu (13/9/2020) pukul 08.02 WIB, terlihat sejumlah petugas Satpol PP, Dishub Jakarta Timur, dan Puskesmas Duren Sawit berjaga untuk pengamanan. Beberapa warga tampak bersepeda, sementara lainnya joging. Hanya segelintir warga yang abai terhadap protokol COVID-19. Mereka tidak memakai masker.

Kasatpol PP Duren Sawit Jariman mengatakan sejauh ini sudah ditindak dua pelanggar yang tidak menggunakan masker. Mereka diberi sanksi membersihkan sarana dan prasarana umum.

"Sampai pagi ini, sudah dua orang kedapatan kita berikan sanksi sosial membersihkan sarana fasilitas umum," kata Jariman saat ditemui di lokasi.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Edy Susanto, mengatakan sengaja ke kawasan BKT untuk memanfaatkan momen terakhir olahraga sebelum PSBB total berlaku di Jakarta.

"Untuk momen-momen terakhir sebelum melakukan aktifitas olahraga di luar rumah," Kata Edy.

Untuk diketahui, Pemprov DKI Jakarta kembali akan menerapkan status PSBB total di Ibu Kota. Karena itu, pagi ini Pemprov DKI meniadakan kawasan khusus pesepeda.

Sepuluh titik yang ditiadakan Pemprov DKI itu tersebar di lima wilayah, yakni Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan. Peniadaan kawasan khusus pesepeda ini sebagai tindak lanjut pemberlakuan PSBB di Ibu Kota, yang mulai berlaku pada 14 September 2020.

Tonton juga 'Tips WFH Aman dari Kejahatan Siber Saat PSBB Total':

[Gambas:Video 20detik]

(isa/isa)