Soal PSBB Jakarta, Anies Jamin SIKM Tak Berlaku Lagi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 12 Sep 2020 21:11 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur Anies Baswedan (Foto: dok. Facebook Anies Baswedan)
Jakarta -

Gubernur Jakarta Anies Baswedan ingin memberlakukan kembali pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Namun surat izin keluar masuk (SIKM) tidak akan ikut berlaku kembali.

"Oh nggak. Kalau mobilitas keluar dan lain-lain, tidak, tetapi lebih pada interaksi di Jakartanya," kata Anies di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Sabtu (12/9/2020).

Anies kini ingin mengontrol interaksi di dalam Provinsi DKI Jakarta, bukan mengontrol aktivitas keluar-masuk Jakarta. Soal kepastian PSBB Jakarta sendiri, pengumumannya akan disampaikan pemerintah pada Minggu (13/9) besok.

SIKM sempat diterapkan pada era PSBB di Jakarta dulu. Dasar hukumnya adalah Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi DKI Jakarta dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19, yang diterbitkan pada 14 Mei 2020. Sehari kemudian SIKM resmi diterapkan.

Aturan ini kemudian direvisi dengan Pergub Nomor 60 Tahun 2020 tentang Pengendalian Kegiatan Bepergian di Provinsi DKI Jakarta dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19, yang dikeluarkan pada 23 Juni 2020.

Selanjutnya
Halaman
1 2