Pelajar Harus Tahu! Ini 4 Tips Belajar Efektif dan Fokus dari Rumah

Reyhan Diandri - detikNews
Sabtu, 12 Sep 2020 12:29 WIB
belajar daring
Foto: shutterstock
Jakarta -

Selama pandemi kegiatan belajar menggunakan teknologi seperti Zoom atau Google Meets dan mengharuskan para siswa belajar dari rumah. Saat belajar dari rumah, para siswa pasti mencari tips untuk belajar dengan lebih efektif karena banyaknya distraksi yang bisa menghambat waktu belajar. Oleh karena itu untuk membantu kegiatan belajarmu agar lebih efektif, berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti seperti dikutip dari laman oxfordlearning.

Coba Metode Belajar Aktif
Metode belajar aktif adalah dengan bertanya kepada diri soal pelajaran atau bidang studi yang masih belum dikuasi. Caranya bisa belajar dari hasil refleksi diri yang masih kurang. Dengan metode belajar aktif maka bisa progres belajar dapat dilacak, sehingga kemampuan diri akan terus berkembang.

Istirahat yang Cukup
Saat belajar dari rumah pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup paling tidak dengan tidur 8 jam saat malam hari. Hal ini dibutuhkan agar otak bisa lebih fresh dan mencerna informasi saat digunakan pada waktu belajar. Jika waktu belajar terlalu banyak tanpa istirahat, hasilnya justru akan berdampak negatif.

Punya Ruang Belajar Sendiri
Belajar dari rumah bisa menjadi hal yang menyenangkan, tapi untuk lebih efektif sebaiknya carilah ruang atau tempat yang khusus digunakan untuk belajar. Jangan gunakan ruang tidur atau kasur sebagai tempat belajar, karena kamu akan sangat mudah tertidur saat belajar di tempat yang terlalu nyaman.

Selesaikan Aktivitas Lain Sebelum Belajar
Agar kegiatan belajar lebih fokus, sebaiknya selesaikan dulu aktivitas lain sebelum memulai waktu belajar. Saat kegiatan belajar sudah selesai, kamu juga akan memiliki waktu yang lebih luang untuk bersantai atau beristirahat.

Nah, itulah beberapa tips agar kegiatan belajar dari rumah lebih efektif. Jangan lupa juga membaca buku-buku yang bisa meningkatkan kemampuanmu dalam bidang studi yang ditempuh. Bicara soal buku, saat ini sedang ada promo dari aplikasi Grab melalui Paket Basmi Bosan.

Buat kamu yang doyan koleksi buku dengan paket ini kamu bisa mendapatkan voucher pembelian buku di Gramedia. Hanya dengan membayar Rp 50 ribu bisa dapat banyak voucher belanja hingga hampir Rp 500 ribu.

Tonton juga video 'Curhat Guru ke Jokowi: Ingin Belajar Tatap Muka, Kasihan Murid':

[Gambas:Video 20detik]



(mul/mpr)