Soal Ajakan 'Sekamar', Calon Wawalkot Depok PKS Dinilai Diskriminasi Perempuan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Sabtu, 12 Sep 2020 08:21 WIB
Titi Anggraini
Titi Anggraini (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Calon Wakil Wali Kota Depok dari PKS, Imam Budi Hartono, diduga melecehkan calon Wakil Wali Kota dari PDIP, Afifah Alia, dengan ucapan 'sekamar sama saya'. Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) menilai dugaan pelecehan itu refleksi dari diskriminasi di masyarakat.

"Terjadinya pelecehan terhadap politisi perempuan yang dilakukan oleh politisi laki-laki merupakan refleksi dari diskriminasi dan kultur patriarki di masyarakat kita, bahwa nilai-nilai demokrasi yang menganut inklusifitas serta keadilan dan kesetaraan gender belum terinternalisasi dengan baik dalam diri para elite dan politisi kita," kata anggota Dewan Pembina Perludem Titi Anggraini kepada wartawan, Jumat (11/9/2020).

"Stigma dan stereotipe atas perempuan masih terlalu kental. Perilaku yang bisa jadi melekat dalam keseharian mereka lantas juga terbawa dalam berinteraksi dengan para politisi perempuan," sambungnya.

Selain itu, Titi menilai dugaan itu harus menjadi refleksi bagi partai politik (parpol). Meski perempuan telah didorong maju ke panggung politik, nilai-nilai kesetaraan belum terjadi dalam kelembagaan politik.

"Ini harus jadi refleksi bagi partai politik kita. Meski sudah banyak kebijakan afirmasi untuk mendorong peningkatan keterwakilan perempuan di politik, sayangnya, belum terjadi internalisasi nilai-nilai antidiskriminasi terhadap perempuan serta komitmen pada keadilan dan kesetaraan gender di kelembagaan partai politik dan orang-orang yang ada di dalamnya," ujarnya.

Lebih lanjut Titi juga menyoroti pendidikan politik yang belum menjangkau terkait hak-hak perempuan. Padahal hal itu menjadi nilai penting dalam demokrasi.

"Proses pendidikan politik dan kaderisasi politik kita belum mampu menjangkau dengan baik penanaman pemahaman, perspektif, dan komitmen pada inklusivitas dan penghormatan pada hak-hak perempuan berdasar prinsip keadilan dan kesetaraan, yang notabene merupakan nilai utama dalam berdemokrasi," imbuhnya.

Sebelumnya, calon Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, angkat bicara soal dugaan pelecehan terhadap pesaingnya, calon Wawalkot Depok dari PDIP Afifah Alia. Imam Budi Hartono, yang diusung PKS, menegaskan tak pernah bermaksud melecehkan Afifah Alia.

Tonton juga video 'Penampakan Bacabup Merauke yang Disebut Nyuap Miliaran ke PKS':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2