Top 5 News

Anies Disentil Para Menteri Jokowi, Rossi Bantah Rumor Pensiun

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 19:10 WIB
Top 5 News 11 September
Foto: detikcom
Jakarta -

Sejumlah menteri dari pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ramai-ramai menyentil kebijakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang akan mengetatkan kembali PSBB Jakarta pada Senin (14/9) mendatang.

Kritikan dan imbauan datang dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto hingga Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Sementara itu, dalam dunia olahraga Pembalap MotoGP Valentino Rossi membantah rumor gantung helm dari dunia balapan seusai balapan MotoGP San Marino yang akan berlangsung Minggu (23/9). The Doctor memastikan isu tersebut tidaklah benar dan dia bakal tetap balapan di MotoGP 2021.

Demikian beberapa berita yang ramai mendapatkan atensi pembaca detikcom. Selain dua berita tersebut, ada juga berita lainnya yang banyak dibaca. Apa saja? Berikut ini Top 5 News edisi Jumat (11/9/2020).

1. Anies Jadi Sorotan Para Menteri Jokowi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengkritik penyebab dari tingginya kasus COVID-19 di Jakarta yang membuat Anies memperketat lagi PSBB. Ia menilai, penyebaran di DKI Jakarta didominasi oleh penularan di transportasi umum, setelah ganjil-genap diberlakukan kembali oleh Anies pada 10 Agustus lalu setelah sempat dicabut.

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan kekhawatiran akan dampaknya pada industri manufaktur jika PSBB Total kembali diterapkan di DKI Jakarta. Ia mewanti-wanti, dengan PSBB Jakarta diperketat lagi ini industri manufaktur yang sempat menggeliat, kembali mendapatkan tekanan.

Tak berbeda jauh dengan Agus Gumiwang, Mahendra menyoroti dampak PSBB Jakarta dari sisi dampak pada industri manufaktur. Ia khawatir, jika PSBB Jakarta memukul rata pembatasan kegiatan dunia usaha termasuk industri manufaktur, maka tak akan ada yang mampu bertahan, atau collapse.

Artikel Selengkapnya: Menteri Jokowi Ramai-ramai Sentil Anies

2. Rossi Bantah Rumor Pensiun Tahun Depan

Jagat MotoGP dihebohkan dengan rumor Valentino Rossi yang bakal pensiun tahun depan. Isu liar ini dikaitkan dengan kabar bahwa Andrea Dovizioso gabung dengan tim Petronas Yamaha SRT. The Doctor pun langsung membantah rumor dia bakal pensiun.

The Doctor mengklaim bahwa 99 persen dia bakal gabung dengan Petronas Yamaha. Ia menyebut pengumuman kesepakatan itu saat MotoGP Catalunya digelar pada 27 September nanti.

"Aku pikir pensiunku adalah berita yang bagus, di internet banyak fans yang akan ngeklik untuk membacanya, aku pikir itu alasannya berita itu dibuat. Tapi beberapa kali aku sudah katakan kalau aku akan terus balapan," ucap Rossi sambil tersenyum.

Artikel Selengkapnya: Kata Siapa Valentino Rossi Pensiun?

3. Banggar DPR Tuding Saham Gugur Rp 300 T Gegara Anies

Kondisi pasar modal kemarin begitu bergejolak. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan kemarin ambles hingga lebih dari 5%. Dituding penyebabnya adalah pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang pada Rabu malam mengumumkan diberlakukannya kembali pengetatan PSBB di Jakarta.

Ketua Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Said Abdullah salah satu yang percaya akan tudingan itu. Bahkan menurutnya kapitalisasi pasar saham kemarin yang tergerus hingga Rp 300 triliun merupakan penyebab dari pernyataan Anies.

"Kejadian kemarin sangat disesalkan atas pernyataan yang begitu bombastis, dramatis oleh Gubernur DKI Bapak Anies Baswedan sehingga menimbulkan hal yang tidak perlu dan membakar ludes Rp 300 triliun saham-saham kita berguguran. Kalau korporasi hancur, maka ritel akan hancur, inilah tantangan berat baik OJK dan BI," ujarnya.

Artikel Selengkapnya: Pasar Saham Kehilangan Rp 300 T Gegara Anies?

4. Tabrakan Beruntun di Tol Cipali, 2 Orang Tewas

Tabrakan beruntun melibatkan tiga kendaraan terjadi di ruas jalan Tol Cipali kilometer 84, Cipeundeuy, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kendaraan itu terdiri bus PO 'Sahabat' nomor polisi E-8774-KC, truk E-9396-AE dan minibus E-1396-NP.

Kanit Laka Polres Subang Ipda Geeta Sonjaya menuturkan kecelakaan ini berawal saat iring-iringan bus dari arah Cirebon menuju Jakarta. Lalu di tengah perjalanan, bus 'Sahabat' berniat mendahului bus lainnya menggunakan jalur satu.

Kecelakaan maut ini mengakibatkan dua orang tewas. Sedangkan sejumlah penumpang bus mengalami luka. Ketiga bangkai kendaraan yang terlibat, kini sudah dievakuasi petugas. Arus lalu lintas yang sebelumnya alami kemacetan kini berangsur terurai.

Artikel Selengkapnya: Bus Tabrak 2 Kendaraan, 2 Orang Tewas

5. Amien Rais Segera Umumkan Nama Partai Baru?

Politikus senior Amien Rais pastikan berencana mendeklarasikan partai baru. Menurutnya partai baru ini memegang asas Islam Rahmatan Lil' Alamin dan didirikan sebagai bentuk keprihatinan dirinya terhadap kondisi Indonesia saat ini.

Amien menjelaskan partai baru ini dibentuk juga karena pihaknya melihat pemerintahan saat ini semakin jauh dengan nilai-nilai moral. Bahkan, sebut dia, semakin jauh dari akhlak yang baik

Sayangnya, Amien masih menyembunyikan nama partai barunya. Dia meminta semua pihak bersabar menanti pengumuman nama partai barunya ini, termasuk logonya.

Artikel Selengkapnya: Nama Partai Baru Amien Rais Masih Rahasia

(ega/ega)