Antisipasi Tawuran, Polda Metro Pantau Akun Medsos Gangster

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 11 Sep 2020 14:14 WIB
pemuda melempar Batu pada musuhnya
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Di tengah masa pandemi, aksi tawuran pelajar kian marak terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Mirisnya, aksi tersebut bahkan telah direncanakan lewat media sosial.

"Tawuran pelajar yang sekarang menggunakan modus menantang sesama gengnya itu, saling tantang lewat media sosial yang ada. Jadi itu yang terjadi di beberapa tempat, baik itu di Jaktim, Jaksel, dan sebagainya. Sistemnya itu mereka menantang lewat media sosial," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (11/9/2020).

Mencegah aksi tawuran ini, polisi akan melakukan patroli siber. Polisi akan memantau akun media sosial kelompok tawuran.

"Tim sudah bekerja juga dalam hal ini kita lakukan patroli siber di dunia maya. Kita sering lakukan preventif, pencegahan. Yang baru mau melakukan tawuran di media sosial kita sudah bisa antisipasi, kita lakukan pencegahan," jelas Yusri.

Untuk diketahui, sejumlah kasus tawuran antarpelajar terjadi selama masa pandemi. Aksi tersebut ditengarai bermula dari saling sindir dan tantang di media sosial.

Terbaru, satu orang pelajar berinisial MRR (17) tewas dibacok di daerah Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Penyelidikan polisi mengungkap MRR adalah korban dari tawuran antarpelajar.

Lima pelaku telah diamankan polisi dari aksi tawuran yang terjadi di daerah Kebayoran Lama pada Sabtu (5/9). Tiga orang pelaku diketahui masih berstatus di bawah umur.

Aksi serupa pernah terjadi pada Juni lalu di Depok. Tawuran akhirnya melukai seorang pelajar akibat dibacok pada bagian punggung. Tawuran itu terjadi di Jalan Raya Sawangan, Depok, Jawa Barat, sekitar pukul 02.30 WIB.

Dari hasil penyelidikan polisi, tawuran disepakati kedua pihak lewat media sosial.

"Kelompok dari rumahnya itu depan Perumahan Revaria. Dia janjian dengan kelompok 'Parung', dan kelompok ini yang rata-rata murid baru mau sekolah yang daftar SMK-SMA, gitu kan," kata Katim Jaguar Polrestro Depok Iptu Winam Agus saat dihubungi, Rabu (10/6).

"Begitu janjian (tawuran) lewat medsos di pertigaan Bojongsari, jalanlah ini yang dari Revaria ke Bojongsari," sambung dia.

Tonton video 'Bikin Sensasi! Aksi Tawuran di Laut Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)