Airlangga Sebut IHSG Anjlok karena Anies Umumkan PSBB, Ini Respons Pemprov

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 10 Sep 2020 21:20 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmikan tugu peti mati korban COVID-19 di Jakarta Utara. Tugu peti mati itu dibuat sebagai peringatan akan bahaya COVID-19.
Anies dan Ahmad Riza (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut anjloknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pagi ini karena Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan PSBB kembali ke tahap awal. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespons.

Ariza mengatakan keputusan kembali memberlakukan PSBB itu sudah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

"Sebagaimana juga arahan Pak Presiden, bahwa kita mengutamakan keselamatan dari warga. Itu yang menjadi prioritas Pemerintah Pusat dan Pemerintah DKI sangat mendukung, kita mengutamakan kesehatan keselamatan seluruh warga," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Riza berharap keputusan Pemprov DKI memberlakukan PSBB total pada Senin (14/9) dapat dipahami semua pihak. Menurutnya, Pemprov DKI bersama Pemerintah Pusat juga telah berkoordinasi untuk membahas kebijakan apa saja yang ada selama PSBB.

"Mudah-mudahan kebijakan yang tadi malam diambil yang akan diberlakukan Senin ini, mudah-mudahan bisa dipahami semua pihak bisa dimengerti dan Pak Gubernur tadi sudah rapat dengan Pemerintah Pusat terkait hal tersebut. Pak Gubernur sendiri nanti akan menyampaikan apa hasil dari pertemuan tadi, antara gubernur dengan beberapa menteri, khususnya Pemerintah Pusat menyikapi situasi dan kondisi kita," ucapnya.

Politikus Partai Gerindra itu mengatakan kebijakan yang nanti diumumkan diharapkan mampu menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat. Selain itu, keseimbangan ekonomi dan sosial menjadi perhatian.

"Mudah-mudahan apapun yang menjadi keputusan bersama antara Pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah, apa pun keputusannya nanti tentu itu keputusan yang harus kita laksanakan, kita kerjakan bersama agar kita bisa tetap menjaga kesehatan, keselamatan dan juga masalah lain termasuk masalah ekonomi, sosial juga bisa terjaga. Perlu ada keseimbangan antara masalah kesehatan, masalah ekonomi, masalah sosial, dan lainnya," ucap Riza.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyoroti Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang pagi ini dibuka anjlok ke level 4.961. Menurut Airlangga, penyebabnya ialah pengumuman keputusan PSBB Jakarta yang diperketat lagi oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Beberapa hal yang kita lihat sudah menampakkan hasil positif, berdasarkan indeks sampai dengan kemarin, karena hari ini indeks masih ada ketidakpastian karena announcement (pengumuman) Gubernur DKI (Anies Baswedan) tadi malam, sehingga indeks (saham) tadi pagi sudah di bawah 5.000," ungkap Airlangga dalam Rakornas Kadin, Kamis (10/9).

Tonton juga 'Dear Warga DKI, Tak Perlu Panic Buying Jelang PSBB Total Lagi...':

[Gambas:Video 20detik]

(man/imk)