Arahan Jokowi di Haornas 2020: Tingkatkan Prestasi-Evaluasi Pembinaan Atlet

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 22:42 WIB
Presiden Jokowi dalam video yang diputar di acara peringatan HUT ke-22 PAN.
Presiden Jokowi (Sachril/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang ke-37 secara virtual. Jokowi memberikan sejumlah arahan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali, salah satunya mengevaluasi secara total tata kelola pembinaan atlet.

"Saya pesan kepada Menpora, KONI, KOI, untuk meningkatkan prestasi olahraga nasional. Kalau selama ini prestasi olahraga kita masih kurang, masih kurang berhasil, itu artinya cara-cara yang selama ini kita lakukan mungkin tidak tepat, mungkin kurang tepat. Kita harus melakukan reboot total. Ekosistem nasional untuk prestasi olahraga harus di-review total. Saya minta tata kelola pembinaan atlet di-review total," kata Jokowi seperti disiarkan langsung di akun YouTube Setpres, Rabu (9/9/2020).

Peringatan Haornas ke-37 digelar di GOR POPKI Cibubur malam ini. Menpora Zainuddin Amali memimpin kegiatan tersebut.

Di awal sambutannya, Jokowi mengatakan pandemi virus Corona membuat berbagai kompetisi olahraga menjadi ditunda. Meskipun demikian, Jokowi mengingatkan bahwa tetap ada imbas positif dari pandemi Corona.

"Akibat pandemi COVID-19 ini berbagai kompetisi olahraga nasional dan internasional harus ditiadakan, harus di-reschedule ulang. Tentu saja hal ini kurang menguntungkan bagi dunia olahraga kita. Tetapi, kondisi ini memberikan kesempatan kepada kita semua untuk melakukan rebooting, untuk melakukan restart untuk merancang ulang ekosistem olahraga nasional kita secara besar-besaran," sebut Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengingatkan betapa pentingnya olahraga. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menekankan olahraga bukan hanya bisa menyehatkan jasmani, tetapi juga bisa memperkokoh jiwa patriotisme dan nasionalisme.

"Olahraga membangun karakter disiplin, membangun karakter sportif bahwa menang dan kalah itu biasa, membangun karakter perjuangan, pekerja keras, memperkuat karakter kolaborasi dalam teamwork, dan bahkan memperkokoh jiwa patriotisme dan jiwa nasionalisme," terang Jokowi.

Berikut arahan lengkap Jokowi dalam peringatan Haornas ke-37:

Selanjutnya
Halaman
1 2