Corona di Bali Naik Lebih dari 100%, Warga Diminta Disiplin Pakai Masker

Angga Riza - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 21:33 WIB
Hotel di Bali Ini Jadi Tempat Berteduh Turis Selama Pandemi
Warga Bali diingatkan untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan (Grandyos Zafna/detikcom)
Denpasar -

Satgas Penanganan COVID-19 mengungkapkan, terjadi peningkatan kasus COVID-19 di Bali dalam sepekan terakhir. Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Bali I Ketut Suarjaya menyoroti soal kedisiplinan masyarakat.

Suarjaya mengatakan, di sisi lain meningkatnya kasus COVID-19, pasien sembuh juga bertambah. Terkait kondisi ini, dia mengingatkan warga untuk lebih meningkatkan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.

"Ya ini yang sembuh kan juga meningkat tapi yang nambah meningkat itu memang lebih banyak. Karena itu, kembali lagi kepada disiplin, banyak masyarakat yang berkerumun, tidak pakai masker, dan sebagainya," kata Suarjaya saat dihubungi, Rabu (9/9/2020).

Dia mengatakan sikap tak disiplin pada protokol kesehatan bisa berdampak pada lingkungan sekitar. Dia meminta masyarakat lebih waspada terhadap virus Corona karena banyak kasus orang tanpa gejala (OTG).

"Kan potensi menambah kasus di keluarga dia ke rumah berpotensi orang-orang yang di rumah begitu sehingga orang tua dan ya mungkin komorbid sebelumnya ya terinfeksi atau kena gitu. Sekarang yang bertambah kan tanpa gejala," ujar Suarjaya.

Sebelumnya, juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, mengungkapkan kenaikan kasus Corona secara nasional meningkat sebanyak 18% dari minggu lalu. Kenaikan kasus tertinggi ada di Provinsi Bali, yang angka kenaikannya lebih dari 100 persen.

"Perkembangan kasus positif mingguan pertama secara nasional penambahan kasus COVID-19 selama seminggu terakhir ini mengalami kenaikan 18,6 persen dibanding minggu lalu dari 18.625 menjadi 22.097," kata Wiku melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (8/9).

"Dan kenaikan kasus ini tertinggi ada di Bali lebih dari 100 persen dari 565 kasus menjadi 1.034," tambahnya.

Berdasarkan data yang diunggah di situs pendataan.baliprov.go.id per 8 September 2020, kasus positif COVID-19 di Bali mencapai 6.549. Sepekan sebelumnya, tepatnya 2 September 2020, kasus positif COVID-19 berada di angka 4.436. Jadi ada penambahan 2.113 kasus Corona dalam tujuh hari terakhir.