Menteri ESDM Raih Penghargaan Pemimpin Terpopuler di Sosial Media

Faidah Umu Safuroh - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 20:56 WIB
ESDM
Foto: Kementerian ESDM
Jakarta -

Kementerian ESDM menorehkan prestasi pada ajang PR Indonesia The 6th Jambore PR Indonesia yang dihelat secara virtual pada hari ini. Menteri ESDM Arifin Tasrif meraih Most Popular Leader in Social Media 2020 pada kategori Menteri.

"Kami bersyukur di era virtual ini, eksposure sektor ESDM di media sosial mendapatkan tanggapan positif salah satunya ditunjukkan pada raihan kali ini. Kami menitikberatkan pendistribusian isu sektor ESDM di media sosial agar mendapatkan jangkauan yang lebih luas, kemasannya pun sudah kekinian, sehingga mudah dipahami oleh berbagai kalangan" ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM Agung Pribadi dalam keterangan tertulis, Rabu (9/9/2020).

Melalui penghimpunan data periode 1 - 30 Juni 2020, Arifin Tasrif menjadi salah satu sosok pemimpin yang mendapatkan eksposure positif terbesar di enam platform media sosial yaitu Twitter, Facebook, Instagram, YouTube, blog dan news online account. Penentuan pemenang didasarkan pada kuantitas ekspose perbincangan positif netizen, dengan mempertimbangkan konten pemberitaan yang dianalisis secara manual oleh PR Indonesia dan ISENTIA INDONESIA.

Selain Arifin Tasrif, pada kategori ini yang menjadi pemenang adalah Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR), Erick Thohir (Menteri BUMN), Nadiem Makarim (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), Prabowo Subianto (Menteri Pertahanan), Sri Mulyani (Menteri Keuangan) dan Wishutama (Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif).

Jambore PR Indonesia merupakan ajang tahunan humas/public relations (PR) terbesar se-Indonesia yang digelar sejak 2015. Ajang ini bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada para pemimpin kehumasan baik di pemerintah dan non pemerintah atas kinerjanya dalam mendiseminasikan kebijakannya kepada publik.

(akn/ega)