Cegah Penularan Corona, Pemprov DKI: Rem Darurat Harus Dilakukan

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 18:57 WIB
Gedung Balai Kota DKI Jakarta.
Foto: Gedung Balai Kota DKI Jakarta. (Ari Saputra-detikcom)
Jakarta -

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta Widyastuti mengatakan kebijakan rem darurat harus segera dilakukan. Hal itu dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona (COVID-19) semakin masif.

Menurutnya, kebijakan rem darurat tak bisa dilakukan oleh Jakarta saja. Namun, juga harus dilakukan oleh daerah lain.

"Memang betul harus suatu diambil rem darurat yang mendesak, kebijakan bukan semata-semata di DKI, harus provinsi lain juga, supaya bisa hentikan pergerakan penularan yang luar biasa," ujar Widyastuti dalam acara diskusi virtual yang disiarkan di Channel YouTube Lapor Covid 19, Rabu (9/9/2020).

Widyastuti mengatakan, 30 persen kasus positif Corona di Jakarta dibawa oleh warga dari daerah lain. Sementara, 70 persen lainnya murni dari warga yang berdomisili di Ibu Kota.

"Kasus di DKI yang murni domisili di DKI adalah 70 persen, 30 persen tersebar Bodetabek dan luar Jabodetabek," ucapnya.

Dia menyebut beberapa instansi yang sudah mengizinkan karyawannya untuk dinas ke luar kota juga berpotensi membawa virus Corona ketika kembali ke Jakarta. Namun, kata dia, tidak menutup kemungkinan orang yang berasal dari Jakarta juga membawa virus Corona ke luar daerah.

"Saya dengar dan lihat ada beberapa institusi tingkat pusat yang sudah lakukan tugas kerja di luar provinsi, balik ke Jakarta positif. Jadi, mungkin dari Jakarta ada yang bawa keluar, yang tugas luar juga masuk ke Jakarta juga positif," katanya.

Berdasarkan data yang ada di situs corona.jakarta.go.id, total angka kematian orang yang meninggal karena Corona di Jakarta sebanyak 1.330 atau 2,7 persen dan positivity rate sebesar 13,2 persen dalam sepekan. Total orang yang positif Corona di Jakarta sebanyak 48.811 dan 36.451 telah dinyatakan sembuh.

Tonton video 'Anies Sebut Angka Positif COVID-19 di Jakarta Mengkhawatirkan':

[Gambas:Video 20detik]



(man/maa)