26 Jenazah Corona Akan Dimakamkan di TPU Pondok Ranggon Hari Ini

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 16:25 WIB
Jenazah Corona dimakamkan di lahan khusus di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Rabu (9/9/2020).
Jenazah Corona dimakamkan di lahan khusus di TPU Pondok Ranggon. (Schril/detikcom)
Jakarta -

TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur (Jaktim), merupakan salah satu lokasi permakaman jenazah terkait COVID-19. Ada 26 jenazah Corona yang akan dimakamkan di TPU Pondok Ranggon hari ini.

"Untuk info sementara dari dinas, hari ini ada 26 (jenazah terkait Corona), ya. Sekarang yang udah masuk, jalan pukul 13.30 WIB ada baru 18 (jenazah)," kata salah seorang penggali makam, Adang, saat berbincang dengan detikcom di TPU Pondok Ranggon, Rabu (9/9/2020), sekitar pukul 14.30 WIB.

Kemarin, kata Adang, dia memakamkan 32 jenazah terkait Corona. Menurutnya, jumlah yang dimakamkan di TPU Pondok Ranggon paling banyak 37 jenazah per hari.

"Bukan rata-rata, ya, datanya (jumlah jenazah yang dimakamkan tiap harinya) turun-naik. Nggak selalu di angka 30, nggak selalu di angka 20, ya. Kalau lagi naik-naiknya, di akhir Agustus itu bisa nyampe 37 (orang). (Angka) 37 itu sudah angka paling tinggi," terang Adang.

Adang menambahkan makam untuk jenazah terkait Corona di TPU Pondok Ranggon dibagi menjadi 2, yakni Islam dan non-Islam. Sampai saat ini, sambung dia, sudah ada sekitar 1.200 makam jenazah COVID-19 di TPU Pondok Ranggon.

"Ketersediaan lahan mungkin sampai akhir Oktober ya, masih bisa kayaknya di sini (memakamkan pasien COVID-19). Kemarin saya konfirmasi, ya sekitar 2 bulanan lagilah," ucap Adang.

(zak/zak)