Tersangka Penimbun Masker di Makassar Positif Corona

Hermawan Mappiwali - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 13:31 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Makassar -

Tersangka kasus eksportir masker ilegal di Makassar, Sulawesi Selatan, inisial AJ, dilaporkan terinfeksi positif virus Corona (COVID-19). Sebagai informasi, AJ ditetapkan tersangka karena menimbun 22 ribu masker pada Maret 2020.

"Yang terkonfirmasi positif COVID, AJ," kata Kasubdit 1 Indag Ditreskrimsus Polda Sulsel Kompol Arisandi, Rabu (9/9/2020).

Kompol Arisandi mengatakan kondisi itu membuat pelimpahan berkas perkara AJ ke jaksa tertunda. Padahal berkas perkara milik AJ sudah dinyatakan lengkap atau P21.

"Iya (tertunda) menunggu kondisi kesehatan tersangka karena sempat terkonfirmasi positif," kata Arisandi.

Dia juga mengatakan telah berkoordinasi dengan dengan jaksa penundaan tahap kedua karena kondisi AJ.

"Kita sudah dua kali bersurat ke kejaksaan, menyampaikan waktunya tertunda karena kondisi kesehatan yang bersangkutan," kata dia.

Kasus AJ bermula saat polisi mengamankan 22 ribu masker milik perusahaan AJ, yakni CV Mina Bahari Internusa, di area kargo Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar. Sekitar 22 ribu masker yang akan dikirim ke Malaysia melalui pesawat AirAsia itu disita karena izin perusahaan AJ bukan untuk ekspor masker, melainkan hanya punya izin ekspor hasil laut.

Karena itu, AJ dijerat polisi dengan Pasal 106 UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. Aturan ini menyebutkan bahwa pelaku yang melakukan usaha perdagangan tidak memiliki izin bidang perdagangan yang diberikan oleh menteri sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 ayat 1 dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 tahun atau pidana denda paling banyak Rp 10 miliar.

(dkp/dkp)