Politikus PDIP soal Logo Partainya Jadi Gambar Sila Keempat: Jelas Keliru!

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 09 Sep 2020 06:06 WIB
Viral Sila Ke Empat Pancasila Digambarkan dengan Lambang PDIP
Logo PDIP yang dipakai sebagai simbol sila keempat (Foto: Tangkapan Layar)
Surabaya -

Cuitan mengenai munculnya logo PDIP dijadikan lambang sila ke-empat dalam program belajar daring yang disiarkan salah satu televisi lokal di Surabaya, bikin heboh media sosial. Politisi PDIP Hendrawan Supratikno menilai logo yang ditampilkan oleh stasiun tv tersebut keliru.

"Itu jelas keliru. Harusnya cukup kepala banteng.Tak usah diperdebatkan lagi. Harus dikoreksi," ujar Hendrawan lewat pesan singkat, Selasa (8/9/2020).

Hendrawan menyebut logo banteng harus berpatokan pada gambar banteng di lambang Garuda. Ia meminta semua pihak tidak mempermainkan simbol negara.

"Gambar di burung Garuda sudah jelas. Tidak perlu mengada-ada atau mempermainkan simbol yang sudah baku," tutur Hendrawan.

Diketahui, pemilik akun twitter @chandra_ds pun membagikan potongan video pembelajaran daring selama 37 detik pada pukul 14.09 WIB. Di tweet pertama, akun @chandra_ds menuliskan "Program pembelajaran GURUku di @sbotv 8 September 2020 untuk kelas 1 SD, menjelaskan simbol sila 4 kepala banteng tapi gambar yang ditampilkan lambang PDI-P. @e100ss @dispendiksby1 @SapawargaSby @BanggaSurabaya," tulisnya.

Pada tweet pertama ini, akun tersebut menampilkan screenshot program tersebut beserta logo PDIP yang terpampang serta gambar materi.

Pihak SBO TV pun memberikan klarifikasi atas viralnya logo PDIP pada sila keempat dalam belajar daring. Meski tidak membantah dan tidak membenarkan.

"Hoax, maklum mungkin orang-orang iseng. Tapi setiap pembelajaran di upload di YouTube. Di menit 16.38 bukan logo itu (PDIP)," kata salah satu pihak SBOTV Nur Ulfainyy saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (8/9/2020).

Tonton video 'Kata Dinas Pendidikan soal Sila Keempat Pancasila Jadi Logo PDIP':

[Gambas:Video 20detik]



(isa/aud)