Peringati Hari Aksara Internasional, Menteri Nadiem Ingin Tuntaskan Buta Huruf

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 08 Sep 2020 21:36 WIB
Mendikbud Nadiem Makarim
Foto: Screenshot video
Jakarta -

Hari Aksara Internasional atau Hari Literasi Internasional ke-55 tepat jatuh pada hari ini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim kembali mengingatkan harapan dan cita-cita bangsa untuk mengentaskan buta aksara di Indonesia.

"Kita harus mengambil hikmah dari pandemi ini. Saat pandemi selesai, kita harus yakin akan keluar menjadi pemenang yang terus memiliki harapan dan cita-cita untuk mengentaskan buta aksara dari negara kita tercinta dan bersama-sama menghadirkan pendidikan yang berkualitas bagi Indonesia maju," kata Nadiem dalam keterangan tertulisnya pada Selasa (8/9/2020).

Nadiem mengapresiasi setiap pihak yang tetap memiliki semangat untuk mengingat pentingnya melek huruf. Meskipun pandemi COVID-19 masih melanda bangsa ini.

"Saya mengapresiasi luar biasa, meski tengah mengalami berbagai keterbatasan akibat pandemi COVID-19, kita tetap bersemangat untuk mengingat pentingnya melek huruf bagi setiap manusia, komunitas, dan masyarakat, untuk melakukan komunikasi sehingga kita dapat mengembangkan ilmu pengetahun dan teknologi," ujar Nadiem.

Selain itu, Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah (PAUD-Dikdasmen), Kemendikbud, Jumeri mengatakan strategi penuntasan buta aksara beberapa tahun terakhir difokuskan pada daerah tertinggal, terdepan, terluar (3T). Sebab, daerah tersebut sulit dijangkau terutama di masa pandemi.

"Daerah 3T adalah bagian dari NKRI yang harus diperjuangkan, kolaborasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah sangat diperlukan untuk menyukseskan pemberantasan buta aksara di Indonesia," imbuhnya.

Selain itu, melalui Keputusan Mendikbud Nomor 786/P/2020, Kemendikbud memberikan penghargaan kepada 48 orang/lembaga yang telah berkonstribusi dalam bidang keaksaraan serta telah memberdayakan masyarakat melalui pendidikan keaksaraan dan layanan program pendidikan nonformal lainnya.

Berikut adalah daftar penerima penghargaan pada HAI ke-55 Tahun 2020:

Selanjutnya
Halaman
1 2