Pertamina Gelar Donor Darah Saat Pandemi dengan Protokol Kesehatan

Nurcholis Maarif - detikNews
Selasa, 08 Sep 2020 20:24 WIB
Pertamina
Foto: Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III bersama Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar kegiatan donor darah di Kantor MOR III, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. Sebanyak 88 kantong darah terkumpul pada aksi ini untuk membantu PMI memenuhi kebutuhan darah masyarakat.

Unit Manager Communication Relations dan CSR MOR III Eko Kristiawan menjelaskan pihaknya tetap menjalankan donor darah meski tengah dalam pandemi. Hal ini sejalan dengan komitmen Pertamina yang rutin melaksanakan donor darah setiap tiga bulan sekali.

"Selain aktivitas rutin, donor darah kali ini memiliki kesan tersendiri untuk membantu PMI yang saat ini stok darahnya untuk transfusi sangat terbatas," jelasnya dalam keterangan tertulis, Selasa (8/9/2020).

Eko mengungkapkan kegiatan donor dilakukan dalam protokol pencegahan COVID-19 sejak awal. Adapun pendonor merupakan pekerja yang sedang bekerja di kantor (work from office). Sebelumnya pendaftaran calon pendonor dilakukan secara online sebelum hari pelaksanaan.

Sedangkan saat pelaksanaan, posisi pengambilan darah dilakukan berjarak. Eko bilang sebanyak delapan tempat tidur diletakkan memanjang di sepanjang selasar lobi gedung. Pemanggilan pendonor pun dilakukan secara bertahap, sehingga tidak terjadi antrean.

"Lokasi pengambilan darah berada di lobi, sehingga sirkulasi udaranya lebih lancar. Ini merupakan bagian dari protokol pencegahan COVID-19," tambah Eko.

Eko mengatakan pendonor merupakan pekerja dan mitra kerja Pertamina yang telah terseleksi kesehatannya. Pihaknya juga membatasi jumlah pendonor supaya waktu pelaksanaan bisa terjaga.

"Aksi donor darah ini mencerminkan komitmen rasa kemanusiaan setiap pekerja Pertamina dalam kehidupan bermasyarakat," kata Eko.

(ega/ega)