Pasha Ungu-Aldi Taher Gagal Maju, Ini 2 Bakal Paslon di Pilgub Sulteng

Tim detikcom - detikNews
Senin, 07 Sep 2020 14:17 WIB
Wawalkot Palu Sigit Purnomo alias Pasha.
Pasha 'Ungu' (Foto: dok. istimewa)
Palu -

Pendaftaran bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) telah ditutup. Ada 2 bakal pasangan calon yang telah resmi mendaftar.

Dua pasangan calon itu yakni Rusdi Mastura berpasangan dengan Ma'mun Amir. Kemudian pasangan Hidayat Lamakarate dan Bartholomeus Tandigala.

Rusdi dan Ma'mun diusung 10 partai politik. Parpol tersebut yakni PAN, Hanura, Partai Garuda, PKB, Perindo, Golkar, NasDem, PKS, PPP dan PRD.

Sementara Hidayat dan Bartho diusung 2 partai saja. 2 partai itu yakni Gerindra dan PDI Perjuangan yang memiliki 12 kursi di DPRD Sulawesi Tengah. Selain itu, pasangan ini juga didukung Partai Berkarya, Partai Bulan Bintang (PBB) dan PSI.

Resminya 2 nama bakal pasangan calon itu, menutup harapan Sigit Purnomo Said atau Pasha 'Ungu' dan Aldi Taher untuk maju Pilgub Sulteng. 2 artis itu gagal ikut pertarungan di Pilkada 2020 lantaran tak ada partai yang mengusung.

Kegagalan Pasha untuk maju sebagai calon wakil gubernur di Pilgub Sulteng terkuak saat Partai Demokrat memutuskan mengusung Rusdi-Masmun. Kegagalan itu lantaran Demokrat kekurangan 2 kursi di DPRD Sulteng untuk mengusung Anwar Hafid dan Pasha.

Untuk diketahui, untuk mengusung pasangan calon, parpol pengusung harus memiliki 9 kursi di DPRD. Sedangkan, parpol pengusung Anwar Hafid-Pasha Ungu hanya memiliki 7 kursi yaitu, Demokrat 4 kursi, PAN 2 kursi, dan PPP 1 kursi.

Tak cukup kursi, Demokrat pun mengalihkan dukungan. Demokrat, PAN dan PPP memutuskan melabuhkan dukungannya ke pasangan Rusdi-Ma'mun yang sebelumnya telah diusung 7 parpol.

"Setelah gagal mengusung kader sendiri, Partai Demokrat kemudian mengusung pasangan Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir," kata Plt. Ketua DPD PD Sulawesi Tengah Kamhar Lakumani dalam keterangannya, Minggu (6/9).

Demokrat kecewa tak bisa mengusung kadernya sendiri. Namun, Demokrat meyakini Rusdi-Ma'mun mampu membawa Sulteng lebih baik.

"Tentunya tak mudah menerima kenyataan atas kegagalan ini, apalagi hanya kurang 2 kursi lagi di kala hasil survei dari berbagai lembaga survei menempatkan pasangan Anwar Hafid & Sigit Purnomo Said (AS) menempati posisi teratas dengan selisih yang signifikan di atas 10 persen," ujar Kamhar.

Tonton video 'Kurang Dukungan, Pasha Ungu Gagal Maju di Pilgub Sulawesi Tengah':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2