Tantangan Bisnis Startup: Belum Ada Regulasi hingga Ekosistem Digital

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 06 Sep 2020 17:13 WIB
Pahlawan Digital UMKM
Tantangan Bisnis Startup: Belum Ada Regulasi hingga Ekosistem Digital. Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Banyak startup-startup unik dan kreatif bermunculan di masa pandemi Corona. Namun, belum adanya regulasi dan ekosistem yang jelas menjadi kendala dan tantangan yang dihadapi oleh startup-startup ini.

Kondisi tersebut menjadi perhatian tiga startup yakni The Nextdev, Indonesian Consortium for Cooperative Innovation (ICCI, dan Startup Digital Indonesia. Ketiga berdiskusi dalam Talk Show Pahlawan Digital UMKM bertajuk 'Ciptakan Ekosistem Inovator Digital Bantu UMKM Naik Kelas' pada Sabtu (5/9/2020).

Kemunculan startup ini menghadapi kendala dan tantangan. Kendala dan tantangan itu mulai dari belum ada regulasi yang mengatur secara spesifik terkait startup hingga ekosistem digital untuk menghubungkan masing-masing startup dengan pengguna atau investor. Hal inilah yang memunculkan keraguan dibenak inovator muda yang ingin berkontribusi lebih untuk membantu Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM).

Dalam diskusi itu, The Nextdev menceritakan kiprahnya dalam membangun ekosistem digital untuk membantu startup naik kelas. Ia menyebut di Indonesia masih banyak orang yang baru memulai usaha namun start kurang kompetitif dari sisi
penggunaan teknologi digitalnya.

"Sebab, tujuan akhir dari sebuah startup itu bisa jadi macam-macam," ujar Lead of Innovation and Partnership The Nextdev, Gita Pratama Putra.

Ia mengatakan, saat ini dari sisi ekosistem digital masih ada masalah terkait akses dan ketidakmerataan penggunaan teknologi di Indonesia. Demikian pula dengan akses terhadap infrastruktur, fasilitas, maupun akses terhadap mentor-mentor yang bagus.

Tonton video 'Ini Dia Salah Satu Peluang Startup yang Masih Jarang Ada di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3