SIDAK 4 September: 5 Berita Teraktual Hari Ini

Isal Mawardi - detikNews
Jumat, 04 Sep 2020 21:57 WIB
NEW YORK, NY - NOVEMBER 27:  Actor Robert Pattinson attends IFPs 27th Annual Gotham Independent Film Awards on November 27, 2017 in New York City.  (Photo by Dimitrios Kambouris/Getty Images for IFP)
Robert Pattinson (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Kabar aktor Inggris, Robert Pattinson, yang terkonfirmasi positif Corona menjadi perbincangan hangat hari ini. Selain itu, desas desus adanya sekuel Petualangan Sherina hingga rapper Akon yang berencana membangun Kota Wakanda di Senegal juga ramai dibahas di media sosial

Rangkuman berita-berita popular itu ditayangkan dalam video, berjudul SIDAK!: 4/9/2020 KABAR BURUK DARI ROBERT PATTINSON HINGGA AKON INGIN BANGUN WAKANDA!yang diunggah oleh akun Youtube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya, dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut 5 rangkuman berita populer hari ini:

1. Robert Pattinson Positif Corona

Aktor Inggris, Robert Pattinson, dinyatakan positif Corona. Hal tersebut berimbas pada ditundanya proses syuting film Batman. Diketahui, Pattinson akan menjadi peran utama dalam film tersebut.

Saat ini disebutkan aktor berusia 34 tahun itu akan mengisolasi diri selama dua minggu sebelum syuting dilanjutkan.

2. Tarif Materai Kini Rp 10 Ribu

Kementerian Keuangan RI dan Komisi X DPR sepakat mengesahkan RUU Bea Materai. Dalam aturan yang baru ini, tarif bea meterai menjadi Rp 10.000 per lembar dengan batasan nominal atau transaksi per objek di atas Rp 5 juta.

Jika nominal di bawah batasan, maka bebas bea meterai. Aturan ini mulai berlaku pada awal 2021.

Berdasarkan Pasal 3, bea meterai dikenakan kepada dokumen yang dibuat sebagai alat untuk menerangkan mengenai suatu kejadian yang bersifat perdata; dan dokumen yang digunakan sebagai alat bukti di pengadilan.

3. Pria di Jambi Didenda Seekor Kerbau Usai Tebang Pohon

Seorang pria di Jambi berinisial A harus membayar denda berupa 1 ekor kerbau usai menebang sebatang pohon. Selain itu, ia juga diharuskan membayar sebanyak 250 gantang beras dan 200 butir kelapa.

Denda tersebut diberikan karena A menebang pohon tanpa izin di hutan adat Desa Guguk, Kabupaten Merangi, Jambi. Kejadian bermula ketika warga adat setempat mendapati adanya potongan batang pohon di tepi sungai Nilo, sungai yang menjadi perbatasan antara permukiman warga dengan masyarakat adat. Peristiwa itu terjadi pada Juli 2020. Setelah ditelusuri, masyarakat Guguk mendapati pelaku hingga dilakukan sidang adat.

4. Heboh Sekuel Petualangan Sherina

Dunia maya dihebohkan dengan kabar bakal adanya sekuel film musikal anak-anak Petualangan Sherina. Hal tersebut diunggah oleh akun Instagram buatan fans film Petualangan Sherina @filmpetualangansherina.

Video tersebut hanya menampilkan angka '2' yang berwarna merah dengan diiringi lagu khas Petualangan Sherina. Dengan caption singkat 'Coming soon' video pendek itu dihajar komentar antusias oleh para penggemar. Lebih dari 36 ribu kali video pendek itu diputar di Instagram.

Sementara itu di akun resmi Miles Film, unggahan teaser angka 2 tersebut masih belum tampak diunggah. Hanya saja ada satu video yang menampilkan Mira Lesmana, Riri Riza, dan tim Miles Film sedang melakukan survey untuk film terbaru mereka.

Tidak dijelaskan film apa yang dimaksud. Namun dari nuansa yang terlihat dari lokasi yang ditampilkan dalam video tersebut memang terasa sekali seperti atmosfer film Petualangan Sherina.

5. Akon Janji Buat Wakanda di Senegal

Terinspirasi dari film Black Panther, rapper Akon, akan membangun Kota Wakanda di Senegal. Proyek tersebut ditaksir mencapai Rp 6 miliar Dollar.

Wakanda akan digarap di Mbodiene yang berjarak 60 mil dari Dakar. Kota tersebut akan menggunakan tenaga surya dan berisikan hotel, kampus, rumah sakit, perkantoran, hingga tempat hiburan seperti bioskop dan kasino.

Pembangunan kota yang terinspirasi dari film yang dibintangi Chadwick Boseman itu akan digarap oleh arsitektur Hussein Bakri. Ia pun akan menaruh bangunan dan landmark khas Afrika di sana

(isa/gbr)