Top 5 News

Bola Salju Ucapan Puan Soal Sumbar hingga Gibran Daftar Pilkada Solo

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Jumat, 04 Sep 2020 18:14 WIB
Top 5 News 4 September
Foto: detikcom
Jakarta -

Ucapan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani soal 'semoga Sumbar dukung negara Pancasila' yang dilontarkan saat pengumuman cagub-cawagub Sumbar menuai beragam tanggapan dan komentar. Bahkan Anggota DPR RI Guspardi Gaus mengimbau Puan untuk meminta maaf atas pernyataannya.

Sementara itu, Putra Sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka resmi mendaftar Pilkada Solo hari ini. Bahkan Gibran dan Teguh Prakosa kompak mengenakan baju lurik dan blangkon bermotif batik sidomukti saat proses pendaftaran di KPU Surakarta.

Demikian beberapa berita yang ramai mendapatkan atensi pembaca detikcom. Selain dua berita tersebut, ada juga berita lainnya yang banyak dibaca. Apa saja? Berikut ini Top 5 News edisi Jumat (4/9/2020).

1. Puan: Semoga Sumbar Dukung Negara Pancasila

Pernyataan Ketua Bidang Politik dan Keamanan PDIP Puan Maharani soal 'semoga Sumbar dukung negara Pancasila' bergulir bak bola salju. Beragam tanggapan dan komentar diberikan terkait pernyataan putri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri itu.

Diketahui ucapan Puan soal 'semoga Sumbar dukung negara Pancasila' itu dilontarkan saat pengumuman cagub-cawagub Sumbar yang didukung oleh PDIP. Puan berharap Sumbar menjadi provinsi yang mendukung negara Pancasila.

Di sisi lain, Anggota DPR RI Komisi II dari daerah pemilihan (dapil) Sumbar II Guspardi Gaus kecewa serta mengimbau Puan meminta maaf atas pernyataannya. Guspardi juga menyinggung jabatan yang diemban Puan.

Artikel selengkapnya: Bola Salju Ucapan Puan soal Sumbar

2. Jaka Hidayat Eks Drummer BIP Terjerat Narkoba

Mantan drummer band BIP, Jaka Hidayat, ditangkap polisi karena narkoba. Ia diamankan bersama satu orang temannya yang merupakan kurir pengantar sabu di sebuah hotel di kawasan Jakarta Utara.

Menurut Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Sudjarwoko pelaku diketahui sudah memakai sabu sejak 2002 lalu. Eks drummer BIP ini, sempat berhenti memakai sabu dan mulai menggunakan narkotika lagi sejak 2 bulan lalu.

Hal itu juga terbukti dari hasil tes urine dan darah Jaka yang dinyatakan positif narkoba. Sudjarwoko mengungkap alasan Jaka Hidayat mengonsumsi sabu, antara lain hanya untuk senang-senang.

Artikel selengkapnya: Lagi, Artis Terjerat Narkoba

3. Gibran-Teguh Resmi Daftar ke KPU Surakarta

Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka makin mantap melangkah sebagai calon wali kota di Pilkada Solo 2020. Hari ini, Jumat (4/9/2020) Gibran bersama Teguh Prakosa resmi mendaftar sebagai peserta Pilkada Solo tepat di hari pertama pembukaan pendaftarannya.

Keduanya mengenakan baju lurik dan blangkon bermotif batik sidomukti saat mendaftar. Bahkan Gibran dan Teguh juga terlihat kompak mengenakan masker bergambar Gibran-Teguh dan partai pengusung, PDIP, serta partai pendukung, Gerindra, Golkar PAN dan PSI.

Sebelumnya, mereka melaksanakan prosesi doa bersama di kantor DPC PDIP Solo. Kemudian Gibran menyerahkan surat rekomendasi dari partai-partai pendukung kepada Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo sebagai partai pengusung.

Artikel selengkapnya: Gibran-Teguh Resmi Daftar Pilkada Solo

4. Aksi Pemalakan Sopir Mobil Boks di Pluit

Sebuah video yang memperlihatkan aksi pemalakan terhadap sopir mobil boks viral di media sosial. Peristiwa meresahkan itu disebut-sebut terjadi di Jalan Jembatan Dua, Pluit, Jakarta Utara.

Dalam video viral itu terlihat, tiga pelaku mendekati mobil boks yang sedang berhenti di tengah kemacetan. Ada tiga pelaku yang terekam video

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara Kompol Wirdhanto mengatakan pihaknya akan menyelidiki lebih lanjut kejadian itu. "Sedang diselidiki," kata Kompol Wirdhanto saat dihubungi wartawan, Jumat (4/9/2020).

Artikel selengkapnya: Viral Aksi Pemalakan di Pluit

5. WHO Soroti Ruang Isolasi Pasien Corona di Jakarta

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyoroti okupansi ruang isolasi pasien Corona di Jakarta yang sudah terisi 70 persen.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyoroti kapasitas tempat tidur isolasi rumah sakit rujukan pasien virus Corona di Jakarta. Berdasarkan laporannya untuk COVID-19 di Indonesia disebutkan okupansi ruang isolasi di Jakarta telah mencapai 70%.

Diketahui berdasarkan data yang dihimpun WHO, Jakarta memiliki total 4.456 tempat tidur yang disiapkan untuk ruang isolasi dan 483 tempat tidur yang disediakan untuk ruang ICU yang tersebar di 67 rumah sakit rujukan COVID-19.

Dalam laporan tersebut juga disebutkan bahwa pada 2 September, setengah dari kasus COVID-19 atau sekitar 59,1 persen berada di pulau Jawa. DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Tengah adalah tiga provinsi teratas dengan jumlah kasus tertinggi dari total kasus yang dikonfirmasi

Artikel selengkapnya: Ruang Isolasi Corona di Jakarta Disorot WHO

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)