Pilgub Jambi 2020, Ibu Tiri Zumi Zola Daftar ke KPU

Ferdi Almunanda - detikNews
Jumat, 04 Sep 2020 18:05 WIB
Ibu tiri Zumi Zola, Ratu Munawaroh, mendaftar ke KPU Jambi (Ferdi-detikcom)
Foto: Ibu tiri Zumi Zola, Ratu Munawaroh, mendaftar ke KPU Jambi (Ferdi-detikcom)
Jambi -

Bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jambi, Cek Endra-Ratu Munawaroh, mendaftar ke KPU Jambi. Keduanya menjadi calon kedua yang mendaftar hari ini.

Pantauan detikcom di KPU Jambi, Jumat (4/9/2020), Cek Endra dan Ratu datang menggunakan baju teluk belango yang merupakan pakaian khas Jambi. Keduanya mengusung slogan Jambi Cerah. Ratu sendiri merupakan ibu tiri mantan Gubernur Jambi Zumi Zola.

Bakal paslon ini diusung oleh PDIP dan Golkar yang total memiliki 16 kursi di DPRD Jambi. NasDem sempat menyatakan dukungan ke paslon ini, namun menurut KPU, syarat dukungan dari NasDem belum lengkap sehingga tak jadi digunakan oleh bakal paslon ini.

"Kita kan sudah menanyakan kepada bapaslon karena mereka yang mau menggunakan partai itu. Jadi bukan KPU yang menganulir, ya tetapi karena tidak sesuai maka seperti yang sebelumnya maka dicoret. Karena tidak kesesuaian dengan apa yang ada di dalam regulasi," kata Komisioner KPU Jambi, M Sanusi.

Sanusi mengatakan KPU sempat memberikan waktu kepada bakal paslon untuk melengkapi syarat. Namun, menurutnya, bakal paslon ini menyatakan melanjutkan berkas pendaftaran.

"Setelah kita cek dokumen pendaftaran itu ternyata hanya dua partai yang bergabung dengan pasangan CE-Ratu. Lah kemudian yang datang ada tiga maka kita kembalikan. Kita lalu ngobrol dengan teman-teman Bawaslu karena waktu pendaftaran masih ada. Maka, kita kasih kesempatan untuk mencari jalan keluar, lalu kita tanya ini mau dilanjutkan atau tidak, ternyata bapaslon dan dua partai pendukung mengatakan lanjutkan maka kita lanjutkan dengan dua paslon saja tidak tiga paslon," ujar Sanusi.

Sebelumnya, pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jambi, Al Haris dan Abdullah Sani, menjadi pendaftar pertama ke KPU Jambi. Pasangan Bupati Merangin dan mantan Wali Kota Jambi 2013-2018 itu datang ke KPU Jambi dengan menggunakan pakaian kemeja putih.

"Alhamdulilah tadi partai pengusung sudah menyampaikan berkas pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur dan Alhamdulilah semua berkas yang kita serahkan tadi di KPU dinyatakan lengkap dan KPU juga menyatakan semua berkas lengkap," kata Al Haris di KPU Jambi, jalan Jend A Thalib, Telanaipura, Kota Jambi, Jumat (4/9).

(haf/haf)