Tak Boleh Masuk, Pro-Muhamad-Saraswati Sempat Berkerumun di Luar KPU Tangsel

Luqman Nurhadi A - detikNews
Jumat, 04 Sep 2020 16:53 WIB
Kerumunan pendukung Muhamad-Saraswati di depan kantor KPU Tangsel, sebelum dibubarkan, Jumat (4/9/2020).
Kerumunan pendukung Muhamad-Saraswati di depan kantor KPU Tangsel. (Luqman/detikcom)
Tangerang Selatan -

Pendukung Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo ikut mengiringi jagoan mereka mendaftarkan diri sebagai calon Wali Kota-Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Pendukung Muhamad-Rahayu sempat berkerumun karena tak diizinkan masuk ke area kantor KPU Tangsel.

Pantauan detikcom di kantor KPU Tangsel, Jumat (4/9/2020), Muhamad-Saraswati tiba menaiki oplet. Mereka datang diiringi konvoi kendaraan bermotor dan sejumlah massa.

Muhamad-Saraswati Daftar Pertama Pilkada TangselMuhamad-Saraswati mendaftar Pilkada Tangsel naik oplet (Luqman Nurhadi/detikcom)

Sebelum keduanya hadir, sejumlah pendukung Muhamad-Saraswati sudah berkumpul di depan gerbang kantor KPU Tangsel. Aparat TNI-Polri dan Satpol PP berjaga di depan pintu gerbang untuk mengatur akses masuk.

Setelah Muhamad-Saraswati masuk ke KPU Tangsel, sejumlah orang terlihat mencoba ikut masuk. Namun mereka tertahan di depan pagar karena tidak diizinkan masuk.

Kondisi ini membuat terjadinya kerumunan di depan gerbang KPU Tangsel. Beberapa orang terdengar meneriakkan nama jagoan mereka.

"Pak Muhamad! Bu Saras!" teriak massa.

Setelah diimbau petugas keamanan, massa tersebut langsung membubarkan diri. Mereka tidak lagi berkerumun di depan gerbang KPU Tangsel.

Sebelumnya, pendaftaran Pilkada Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dibuka mulai hari. KPU Tangsel memperbolehkan bakal pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota membawa iring-iringan dengan dibatasi hanya 30 orang.

"Untuk yang wajib mendampingi bakal pasangan calon itu cukup ketua dan sekretaris, kemudian LO pasangan calon. Kita sudah menyurati itu semua ke partai politik. Sudah berkoordinasi," kata Ketua KPU Tangsel Bambang Dwitoro kepada wartawan di kantornya, Jalan Raya Serpong, Setu, Tangerang Selatan, Jumat (4/9).

"Kita juga tambahannya adalah memfasilitasi 30 orang pendukung yang mengiringi bakal pasangan calon," imbuhnya.

(zak/zak)