Syarat dan Cara Mengurus Surat Keterangan Domisili Lengkap

Puti Yasmin - detikNews
Jumat, 04 Sep 2020 14:57 WIB
Surat Keterangan Domisili (SKD) palsu
Foto: Istimewa/Ilustrasi Syarat dan Cara Mengurus Surat Keterangan Domisili Lengkap
Jakarta -

Surat keterangan domisili memiliki fungsi yang mirip dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hanya saja, surat ini berbentuk secarik kertas dan memiliki masa berlaku hanya selama enam bulan.

Selain untuk mendaftar sekolah, surat keterangan domisili juga dibutuhkan perusahaan untuk mengurus izin serta pajak. Nah, bagaimana cara mengurus surat keterangan domisili dan syaratnya?

Berikut cara membuat surat keterangan domisili:

1. Syarat

Untuk membuat surat keterangan domisili, pemohon harus memiliki tiga syarat, yakni pertama surat pengantar dari RT RW, kemudian membawa fotokopi KTP dan KK, dan terakhir adalah surat keterangan domisili daerah asal.

2. Cara

Surat keterangan domisili dibuat di kantor kelurahan setempat. Berdasarkan informasi di situs SIPP Kemenpan RB, pertama-tama, pemohon mengambil nomor antrean di kantor kelurahan.

Kemudian, menyerahkan berkas persyaratan ketika telah dipanggil. Bila telah dinyatakan lengkap, berkas akan dimintakan tanda tangan kepada pejabat yang berwenang. Kemudian, ada pencatatan nomor dan tanggal agenda surat.

Terakhir, penyerahan berkas surat keterangan domisili kepada pemohon. Semua waktu proses tersebut hanya memakan waktu kurang lebih selama 10 menit. yakni verifikasi surat pengantar RT RW, cek kelengkapan administrasi, input data ke aplikasi, mencetak surat pengantar, dan memberikan agenda surat, tanda tangan pejabat, serta stempel.

Sementara itu, membuat surat keterangan domisili perusahaan bisa dilakukan secara online. Untuk wilayah DKI Jakarta bisa membuka situs di alamat https://pelayanan.jakarta.go.id/user/registration/register.

Kemudian, isi kolom yang dibutuhkan, seperti tipe izin, NIK, nomor KK, nama, email, dan nomor handphone. Bila sudah lengkap, klik 'daftar' dan ikuti semua petunjuk.

3. Tarif

Semua pembuatan surat keterangan domisili tidak dipungut biaya alias gratis. Jika, ada yang melanggar ketentuan tersebut pemohon bisa mengajukan aduan ke situs lapor.go.id.

Selamat mencoba buat surat keterangan domisili!

(pay/pal)