Polisi Selidiki Komunitas Lain Terkait Pesta Gay 'Hot Space' di Kuningan

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 04 Sep 2020 12:18 WIB
Sembilan tersangka kasus pesta gay melaksanakan rekonstruksi. Total ada 26 adegan dalam rekonstruksi. Ini foto-fotonya.
Rekonstruksi pesta gay (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya membongkar pesta gay 'Hot Space' di sebuah apartemen di Kuningan, Jakarta Selatan. Polisi kini masih mendalami kemungkinan adanya komunitas lain yang terlibat dalam pesta seks sesama jenis ini.

"Kami masih menggali apakah ada korelasi komunitas yang saat ini kami ungkap dengan komunitas lainnya. Penyidik masih mendalami," kata Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Calvijn Simanjuntak di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (4/9/2020).

Pesta gay ini dilakukan dengan kedok seolah-olah memperingati HUT ke-75 RI. Undangan disebar secara eksklusif ke komunitas melalui akun Instagram dan juga grup WhatsApp.

Polisi mendalami kemungkinan adanya komunitas lain dari grup yang ada.

"Masih diduga grup-grup yang ada baru satu grup WhatsApp dan Instagram. Kami masih mendalami korelasi kemungkinan ada komunitas-komunitas lain," jelas Calvijn.

Kasus ini terungkap pada Sabtu (28/8) dini hari lalu. Polisi menggerebek sebuah kamar di apartemen yang digunakan sebagai tempat untuk pesta gay.

Pesta gay tersebut diisi sejumlah 'game' yang ternyata adegan-adegannya berbau porno aksi. Panitia memberikan iming-iming diskon tiket masuk 50 persen untuk acara selanjutnya bagi pemenang 'game'.

Komunitas ini sudah terbentuk sejak 2018. Sejak dua tahun itu, penyelenggara sudah menggelar 6 kali pesta seks di beberapa tempat di Jakarta.

Sembilan orang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini. Kesembilan tersangka terdiri atas penyelenggara hingga panitia.

(mei/mei)