Round-Up

Bola Salju Ucapan Puan 'Semoga Sumbar Dukung Negara Pancasila'

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 04 Sep 2020 05:47 WIB
Ketua DPR Puan Maharani.
Foto: Ketua DPR Puan Maharani. (Zhacky-detikcom)
Jakarta -

Pernyataan Ketua Bidang Politik dan Keamanan PDIP Puan Maharani soal 'semoga Sumbar dukung negara Pancasila' bergulir bak bola salju. Beragam tanggapan dan komentar diberikan terkait pernyataan putri Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri itu.

Ucapan Puan soal 'semoga Sumbar dukung negara Pancasila' dilontarkan saat pengumuman cagub-cawagub Sumbar yang didukung oleh PDIP. Puan berharap Sumbar menjadi provinsi yang mendukung negara Pancasila.

"Rekomendasi diberikan kepada Insinyur Mulyadi dan Drs H Ali Mukhni. Merdeka!" kata Puan, Rabu (2/9/2020).

"Semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung Negara Pancasila," pinta Puan.

Anggota DPR RI Komisi II dari daerah pemilihan (dapil) Sumbar II, Guspardi Gaus, kecewa serta mengimbau Puan meminta maaf atas pernyataannya. Guspardi menyinggung jabatan yang diemban Puan.

"Jadi saya merasa prihatin kecewa terhadap statement yang dikeluarkan oleh Ibu Puan Maharani yang notebenenya beliau adalah pejabat negara. Tidak hanya pejabat negara, tapi juga Ketua DPR RI dan petinggi partai," kata Guspardi di kompleks parlemen, Kamis (3/9/2020).

Guspardi menyarankan Puan menyatakan permintaan maaf kepada masyarakat Sumbar. Menurutnya, sebagai pejabat publik, Puan harus berani minta maaf.

Pernyataan Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDIP, Puan Maharani, yang berharap Sumbar menjadi pendukung negara Pancasila jadi kontroversi.Foto:Guspardi Gaus (Rahel Narda/detikcom)

"Saya sarankan sebagai Ketua DPR, beliau ini ketua saya, beliau ini pejabat negara kalau memang salah menyampaikan sesuatu sampaikan saja permohonan maaf bahwa 'saya minta maaf kepada masyarakat Sumbar yang sudah tersinggung yang sudah menyakiti hati terhadap pernyataan yang sudah saya sampaikan ini, bahwa saya maksud bukanlah seperti itu," ucapnya.

Anggota DPD RI asal Sumbar, Emma Yohana, pun tak nyaman dengan pernyataan Puan. Emma menilai pernyataan Puan meragukan komitmen Sumbar.

"Secara pribadi maupun sebagai anggota DPD RI asal Sumatera Barat, tentu saja saya tidak nyaman dengan pernyataan itu, karena terkesan masih meragukan komitmen Sumatera Barat terhadap negara Pancasila," kata Emma kepada wartawan di Padang, Kamis (3/9/2020).

Tonton video 'Gerindra: PDIP Tidak Menang Bukan Berarti Sumbar Tak Pancasilais':

[Gambas:Video 20detik]