Pernyataan Lengkap RSPAD soal Kondisi 3 Korban Penyerangan Polsek Ciracas

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Kamis, 03 Sep 2020 15:26 WIB
Arah perjalanan oknum TNI penyerang Polsek Ciracas dan sekitarnya. (Foto: Sachril/detikcom)
Arah perjalanan oknum TNI penyerang Polsek Ciracas dan sekitarnya. (Sachril/detikcom)
Jakarta -

RSPAD Gatot Soebroto membeberkan kondisi kesehatan ketiga korban penyerangan di Ciracas dan sekitarnya oleh oknum TNI. Ketiga korban saat ini masih dalam perawatan di RSPAD.

Ketiga korban adalah M, P, dan seorang bripda Polri. Sebelumnya, ketiganya dirawat di RS Polri dan kemudian dipindahkan ke RSPAD untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Pada M, ditemukan dua gotri atau logam bulat kecil di tubuhnya. Kepala RSPAD Letjen TNI dr Bambang Tri Hasto mengatakan tindakan operasi sudah dilakukan terhadap M dan saat ini dalam kondisi stabil serta sadar penuh.

"Tuan M yang kita rawat mulai tanggal 31 Agustus. Pasien ini kami terima sudah dioperasi di Rumah Sakit Polri, waktu itu ditemukan dua gotri di tubuhnya," kata Bambang dalam jumpa pers di Puspomad, Jakarta Pusat, Kamis (3/9/2020).

Sementara itu, pada pasien P, ditemukan dua logam seperti gotri di ethmoid bawah mata kanannya. Lapisan retina P juga lepas.

Kemudian pasien ketiga, seorang bripda Polri mengalami ruptur pembuluh darah di paha kanan. Selain itu, ditemukan gumpalan darah menutupi paru-parunya.

"Ada gumpalan-gumpalan darah yang menutup saluran napas yang menyebabkan makanya paru-parunya di foto thorax-nya jadi berkabut seolah-olah tidak mengembang," ujarnya.

Begini pernyataan lengkap tentang kondisi kesehatan para korban:

1. Tuan M

Yang pertama Tuan M yang kita rawat mulai tanggal 31 Agustus. Pasien ini kami terima sudah dioperasi di Rumah Sakit Polri. Waktu itu ditemukan dua gotri di tubuhnya. Kemudian pada saat kami terima sudah kami asesmen ulang pasien ini. Jadi kami lakukan foto thorax, rontgen, foto CT scan kepala dan tidak kami dapatkan tanda-tanda fraktur maupun kelainan di otaknya. Sekarang kondisinya baik, stabil, sadar penuh. Luka operasinya baik dan kita tinggal menunggu, tinggal melaksanakan perawatan luka dan menunggu pengangkatan jahitan pada hari ke-7 setelah operasi.

Selanjutnya
Halaman
1 2